TEKNOLOGI INFORMASI KELAS XI
MAN TAMBAKBERAS JOMBANG
2009/2010
Foto bagus adalah foto yang berisi pesan. Pesan bisa berupa pernyataan (�Inilah Danau Toba�), kesan (�Suasana Senja di Danau Toba�), atau ungkapan emosi (�Jatuh Cinta di Danau Toba�). Pesan yang bagusadalah pesan yang jelas, tegas dan efektif. Tapi bagaimana?
Seperti pentingnya mengetahui apa saja yang perlu dimasukkan ke dalam pesan, kita juga perlu tahu apa yang tak perlu dimasukkan ke dalam pesan. Apasaja yang bukan bagian dari subject atau context dari pesan yang kita buat, maka itu hanyalah duri atau beling yang mengganggu, menggores-gores foto dan membuat pesan kita menjadi tidak jelas. Jadi kurangi bagian-bagian yang tidak relevan di sekitar POI � biasanya dengan beringsut lebih dekat ke arah subject, atau berpindah untuk mendapatkan viewpoint yang lebih baik � dan membuat bidikan yang jelas dan bersih. Seorang pelukis menciptakan seni dengan penambahan � menambahkan apa yang dia lukis � sementara fotografer menciptakan seni dengan pengurangan � mengurangi bagian-bagian yang tidak perlu.
Resep untuk sebuah foto yang bagus adalah:
"Sebuah latar depan, sebuah latar belakang, dan tidak ada yang lain."
Apa yang Membuat Foto Luar Biasa?
Foto luar biasa langsung memukau mata. Sementara pepatah bilang: picture may say a thousand words , maka foto luar biasa hanya mengatakan satu kata saja: �!�
Foto luar biasa adalah karya seni. Ia merekam semangat dari subjek dan membangkitkan emosi. Bob Krist menyebutnya �The Spirit of Place.� Anda juga dapat menggunakan trik-trik gamblang untuk membuat terpesona pengunjung galeri foto anda. Mari kita lihat bagaimana caranya.
Sebuah gambar adalah sebuah taman bermain, terdapat tempat-tempat di mana mata kita mengembara dan mengamati, juga ruang di mana mata kita beristirahat dan relaks. Ketika kita pertama melihat sesuatu, kita bersikap untuk tidak terpengaruh. Mata kita lalu secara alami menemukan cahaya, area terang, dan mencari orang, biasanya pada mata dan mulutnya. Apakah kita tahu orang yang ada di dalam gambar? Apa yang mereka rasakan dan bagaimana hal tersebut berhubungan dengan kita? Apakah mereka tergambar memperhatikan pada sesuatu? Jika begitu, apakah kita mengenalinya (sebuah bangunan, sebuah landmark) dan seperti apa ia? Tentang apakah gambar tersebut? Apa subjek atau tujuan utamanya? Seberapa besar subjeknya? Kita menentukan skala dengan membandingkan elemen-elemen dengan sesuatu yang kita ketahui ukurannya, seperti orang, binatang, atau mobil. Sekali kita selesai mengamati orang dan elemen-elemen yang berkaitan, kita melanjutkan perhatian kita ke elemen-elemen yang lebih abstrak.
Pertama kita memperhatikan warna atau tone subjek. Merah membara, biru nan tenang, hijau natural, hitam mencekam. Lalu kita melihat bentuk. Kurva lembut, sudut kaku, garis-garis yang menyapu. Bagaimana cahaya mengenai subjek memberikan bayangan halus bentuk tiga dimensinya. Anda, sebagai fotografer, dapat memanipulasi ini semua dengan mencari terang dan gelap, menggeser intensitas dari tone dan hue. Bagaimana mata terseret ke dalam gambar?
Bentuk membimbing kita pada tekstur, bagaimana subjek terasa dalam sentuhan. Lembutkah ia, haluskah ia, keras atau kasar? Apakah memiliki karakter dan kehangatan? Cara elemen-elemen disejajarkan dan dipengaruhi oleh cahaya yang sama, membuat kita mempertimbangkan kualitas dan keterkaitan mereka. Keseimbangan menuntun mata kita dari satu elemen ke elemen yang lain, meneliti kesatuannya, kontras, dan detailnya, setiap item menambah keasyikan ke item berikutnya. Apa keterkaitan satu sama lain dari semuanya itu?
Sebagai seniman, anda dihadapkan pada pilihan yang akan mengungkap sense of the art anda. Komposisi secara keseluruhan, proporsi layout, penyajian elemen-elemen lain yang penting, anda dapat menentukan feature mana yang anda butuhkan, dan apa yang terbaik untuk menegaskan pesan anda.
Resep untuk foto luar biasa adalah:
�Pertimbangkan bagaimana elemen-elemen berkaitan secara keseluruhan�.
Apa yang Membuat Foto Eye-Catching?
Kembali kepada sifat eye-catching dari foto luar biasa, berikut rahasianya, 4 kunci saja: kesederhanaan, warna, cahaya dan kedalaman.
Kesederhanaan : Kesederhanaan dalam seni juga dikenal dengan sebutan visual economy , yakni mengeliminasi semua elemen atau detail yang tidak perlu yang tidak ada kontribusinya pada semangat komposisi secara keseluruhan.
Kesederhanaan dapat dicapai dengan beberapa cara:
Warna : Untuk menciptakan dampak pada foto anda adalah dengan mencari corak warna yang menonjol. Merahnya bunga, birunya langit, kuningnya senja, atau hijaunya dedaunan. Sekali lagi, kesederhanaan adalah kunci � cobalah untuk mengurangi jumlah dan tipe warna dalam bidikan anda untuk lebih memberikan dampak. Secara umum, sebuah foto sebaiknya hanya memiliki satu subjek utama dan satu warna utama. Konsentrasikan hanya pada satu dari tiga warna primer: merah, biru atau kuning. Tiga warna dominan ini sangat baik diseimbangkan dengan warna-warna komplemennya, yaitu: merah dengan hijau, biru dengan oranye, dan kuning dengan ungu.
jam 5 : Fajar : warna pink, cahaya yang sangat halus dan kabut tipis untuk danau, sungai dan pemandangan.
jam 6 :
jam 10 - 14 : Tengah hari : tidak cocok untuk pemandangan dan motret orang, tetapi bagus untuk motret gedung-gedung dan monumen. Warna-warna bangunan dan detailnya terekam sangat baik.
jam 14 - 16 : Sore hari : Langit biru dengan polarizer.
jam 16 - 18 : Senja hari : Cahaya yang hangat, keemasan. Pas untuk subjek-subjek menghadap barat. Waktu terbaik untuk landscape dan orang, khususnya satu jam sebelum sunset.
jam 18 - 18.30 : Sunset : Langit yang indah, mulai 10 menit sebelum sunset sampai 10 menit sesudahnya.
jam 18.30 - 19.30 : Magrib : Foto malam yang indah, lampu-lampu sudah bernyalaan sedangkan langit masih nampak keunguan.
Cahaya : Pencahayaan yang baik seringkali menjadi kunci foto-foto juara. Penggunaan cahaya siang hari secara efektif dapat juga memperbaiki foto anda. Untuk mencapai foto seindah di �National Geographic�, fotolah ketika cahaya berwarna keemasan � muncul sesudah sunrise dan sebelum sunset, sering disebut �magic hours� di kalangan fotografer. Coba lihat lagi rincian dari waktu-waktu terbaik di atas.
Kedalaman : Sertakan rasa kedalaman pada foto anda. Kedalaman dapat dicapai dengan pengaturan DOF, penempatan elemen-elemen di dalam foto, dan pencahayaan.
Sambutan Kepala MAN Tambakberas
(Tugas Akhir Teknologi Informasi : Weblog Siswa-Siswi MAN Tambakberas)
Oleh :
Drs. H. Ah. Sutari, M.Pd
السلام عليكم ورحمة الله وبركاته
إن الحمد لله نحمده ونستعينه ونستغفره، ونعوذ بالله من شرور أنفسنا ومن سيّئات أعمالنا، من يهده الله فلا مضلّ له، ومن يضلل فلا هادي له، وأشهد أن لا إله إلا الله وحده لا شريك له، وأشهد أنّ محمداً عبده ورسوله.
Saat ini, sektor teknologi komunikasi mengalami pertumbuhan yang sangat pesat baik dari segi teknologi, struktur industri, nilai bisnis dan ekonomi maupun dampaknya bagi kehidupan sosial. teknologi informasi mampu menggabungkan sifat-sifat teknologi telekomunikasi yang bersifat massif dengan teknologi komputer yang bersifat interaktif fenomena ini dikenal sebagai konvergensi. Konvergensi memungkinkan terselenggaranya telekomunikasi melalui media apa saja, termasuk TV, siaran radio dan multimedia.
Sebuah data menunjukkan bahwa rata-rata pengguna internet diperkotaan 60% adalah di bawah 30 tahun. Artinya sebagaian dari mereka adalah dari kalangan anak sekolah. yang masih muda. Data lain menunjukan hampir 30 % pengguna internet di
Kini internet sudah diterima dan masuk sekolah-sekolah di Indonesia tak terkecuali di SMP/SMA salah satu bukti adalah adanya materi penggunaan internet pada mata pelajaran teknologi informasi dan komunikasi (TIK) yang harus dipelajari siswa-ssiwi SMP saat menduduki kelas IX. Jadi dengan adanya pemanfaatan internet di sekolah ini diharapkan mereka memperoleh kemudahan mengakses informasi dari berbagai sumber, khususnya yang berkaitan dengan materi yang paling mutakhir di bidang pendidikan atau pembelajaran.
Dilihat dari perkembangan usianya, remaja tingkat SMP/SMA merupakan remaja awal yang sedang berada dalam krisis identitas, cenderung mempunyai rasa keingintahuan yang tinggi, selalu ingin mencoba hal-hal baru, mudah terpengaruh dengan teman-teman sebayanya dan juga mulai suka memperluas hubungan antara pribadi dan komunikasi secara lebih dewasa dengan teman sebaya, baik laki-laki maupun perempuan. Perkembangan internet yang cukup pesat disertai minat yang besar dapat memberikan hasil yang baik maupun buruk bagi mereka, tergantung dari aktivitas online yang mereka lakukan sewaktu mereka mengakses internet.
Oleh karena itu, pengguna internet di sekolah sebaiknya perlu mendapatkan perhatian, karena melalui internet siswa-siswi tidak saja mengakses sumber-sumber yang relevan dengan pendidikan, tetapi bisa juga dimungkinkan untuk mengakses sumber-sumber yang tidak ada hubungannya dengan pendidikan atau bahkan bersifat negatif.
Dalam era globalisasi, dunia kerja tidak hanya mencari tenaga kerja yang berpengetahuan luas akan tetapi juga harus memiliki keterampilan profesional yang siap digunakan dilapangan pekerjaan. Remaja adalah segudang potensi dan sekaligus segudang problem. Jika potensi mereka dikembangkan dengan optimal, mereka bisa berhasil sebagai apa saja, ilmuwan, teknolog, pebisnis, seniman, atau olahragawan. Sebaliknya jika potensinya tidak dikembangkan dan diarahkan, mereka bisa terlibat dengan berbagai jenis kenakalan, dan tawuran, seks bebas, kecanduan obat-obatan hingga kriminalitas.
Siswa-siswi MAN Tambakberas yang saya cintai,
Ilmu dan pengetahuan merupakan hal mendasar yang dibutuhkan oleh semua orang dalam kehidupannya. Ilmu dan pengetahuan merupakan modal dasar bagi seseorang untuk melaksanakan segala aktivitas dalam kehidupannya. Dengan ilmu dan pengetahuan pula, sesorang akan dapat meningkatkan kualitas hidupnya. Dalam skala yang lebih luas, penguasaan ilmu dan pengetahuan merupakan tolak ukur kemajuan peradaban suatu bangsa.
Seiring dengan perkembangan zaman, kebutuhan manusia akan ilmu dan pengetahuan menjadi terus menerus meningkat. Peningkatan kebutuhan akan ilmu dan pengetahuan tersebut, memacu manusia menggunakan segala ilmu dan pengetahuan yang telah mereka miliki untuk menciptakan berbagai macam teknologi yang dapat memperlancar arus persebaran ilmu dan pengetahuan ke seluruh penduduk dunia. Internet adalah salah satu teknologi yang dibuat untuk tujuan tersebut.
Secara sederhana, internet adalah sekumpulan komputer yang terhubung melalui suatu jaringan dan dapat berkomunikasi satu sama lain. Dengan internet, seseorang dapat mencari informasi (ilmu dan pengetahuan) yang dibutuhkannya, maupun berbagi informasi dengan orang lain, dengan cepat dan mudah. Seseorang dapat pula mengirimkan sepucuk
Siswa Siswi MAN Tambakberas yang saya cintai
Kita memulai dengan sesuatu yang sebelumnya tidak memungkinkan untuk dilakukan dan saya harap pekerjaan ini tidak menghalangi kita untuk berubah. Saya berupaya untuk belajar dari kalian juga, sehingga pada saatnya nanti dapat saya perbaiki dan tingkatkan. Semoga apa yang kita lakukan bisa berjalan dengan baik dan memberikan contoh baik untuk diterapkan di Madrasah tercinta ini. Secara bertahap kita lakukan dan mohon bantuan dan masukannya dari semuanya.
Sebelumnya terima kasih kepada segenap dewan guru dan semua siswa-siswi MAN Tambakberas yang telah membantu saya mengembangkan teknologi informasi melalui situs pribadi (weblog) yang dikhususkan untuk pembelajaran Inovasi Pendidikan. Penghargaan yang tinggi dari saya sebagai bentuk dedikasi yang tinggi terhadap pola pengembangan pembelajaran yang terus akan dikembangkan. Hal yang ditekankan melalui pendidikan TIK ini adalah interaktifitas pembelajaran yang bisa dialami oleh setiap siswa. Inti dari pola ini adalah kita mencoba belajar jarak jauh dan mengembangkan pola pembelajaran ini, selanjutnya kita coba bahas dalam tatap muka.
Mohon kepada segenap Dewan Guru dan siswa-siswi MAN Tambakberas yang sudah menciptakan blog untuk mengembangkan dan meneruskan kepada teman-teman yang lain. Silahkan kunjungi weblog dewan guru dan siswa-siswi MAN Tambakberas :
Terima kasih dan terus belajar dan berjuang agar masa depan kita bisa terbuka lebih lebar tanpa harus mengandalkan orang lain.
والسلام عليكم ورحمة الله وبركاته
Kepala Madrasah
Ttd
Drs. SISWOTO Guru Matematika | ACHMAD SHOLIHAN, SS Guru Sejarah/Antropologi | |
NIDAUS SA'ADAH, M.Pd Guru Sejarah | M. Tholib, M.Pd Guru Matematika | |
Drs. SUTARNO, M.MPd Guru Bahasa Arab | RAHMAT FAUZI, S.IP, S.Pd Guru PKn/TIK | |
FUTUKHAH RAHMAWATI, S.Pd Guru Kimia/Laboran | ACHMAD MUNIR, S.Pd Guru Matematika/TIK |
ABDUL KARIM | M. WINARTO QOMARUDDINSYAH AL MANSYUR | |
ABDUL SUCAH YONO | MOH. ARVAN | |
ABDURROHMAN NUGROHO | MOHAMMAD AMIRUDDIN | |
AFIF HIDAYATULLAH | MOHAMMAD RIRIS EL YUSI | |
AH. MUALIF SHOLEH | MOHAMMAD SAID RAMADHAN | |
AHMAD 'AFANDI | MUCH. YANUAR SHAH SAKA PUTRA | |
AKHMAD KAMARUL MUNIRI | MUCHAMMAD TAUFIQ | |
ALI RAHMAT AFANDI | MUH. ADAM TAUFIQY | |
BAIS KENCANA | MUHAMMAD MUSYOFA | |
DAVID HANS SETIAWAN | MUHAMMAD SYUKRON JAZIL | |
DEDY FATHUR ROHMAN | MUKHYIDDIN | |
FADILUL HULUK | NAJIB ZAKARIA | |
FATIHUL KHOIR | NUR HUDA | |
HARIS MUBAROK | RIZAL NANDA MAGHFIROH | |
HERU SUGIARTO ATMAJA | ROFI'UDDIN ALAMSYAH | |
M. ALI NUR UDIN | UBAIDILLAH | |
MUHAMAD ANDRI MUSTIKA | WAHYU EKO BUDIANTO | |
M. SYAFI'UL ANAM | ZAINUL LADUNI AFIF |
AFIF ZAKARIA | MA'RUF | |
AGUS WAHYU PRASETYO | MASHURI | |
ACHMAD FAJAR CAHYONO | MIFTAHUL ARIF | |
AHMAD HISBULLOH | MOCHAMAD AMIN HUSODO | |
AHMAD SUKARNO | MOCHAMAD TRI HADI SANTOSA | |
AINOL ROSID | MOH. NASIHUL ANAM | |
ANDY ACHMAD TOHA | MUHAMMAD ABDUL AZIZ SAM | |
AS'AD SYARIFUDDIN | MUKAMMAL ASRORI | |
ASEP AHMAD MARDJUKI | SAHRUL SHODIK | |
BASRON EL AMBARY | SUGIANTO | |
DENY SATRIA ANGGI ANDIKA | SUMANAN | |
INHU SAPUTRA ASHARI | SYAMSUL HIDAYAT | |
KHOIRUL HAKIM | TAUFIQURROHMAN | |
KURNIA RAMADHAN | TUBASYOFIUR ROHMAN | |
M. HAFIF DAMAN HURI | WIBISONO SINGGIH | |
MUCH. SAADILLAH MURSYID MINHAD | YUSUF FARHANI WABILURROHIMI | |
M. SURYA NULLOH |
AHMAD FARIS HADYA | MAS'UD DARSANI | |
AHMAD SULIKIN | MIRZA GHULAM NUARI | |
AHMED RENDRA ABDI WIGUNA | MOH. AGUNG JULISTIAWAN | |
ASADULLOHIL GHOLIB | MOHAMMAD FAJAR KURNIAWAN | |
BAGUS BAHRUL ULUM | MOHAMMAD KAFY NASUTION | |
DIAN NAFI' AHMAD | MOKHAMMAD FARID | |
FAHRUDDIN AL-HAKIM | MOKHAMMAD HASANUDDIN | |
FATHUN NASIHIN | MUHAMMAD AFIF CAHYONO | |
PEBI PERMANA | MUHAMMAD NUR FENGKYI | |
GANDA AHMADI | NAJIH DZIAUDDIN ABDILLAH | |
IDI NAFARI ADAM | NURUL CHALIM | |
IHSANUDDIN | RIFQI NURUL HIDAYAT | |
IMAM MUSLIM | TSABIT FUAD | |
ISA BUSTHOMI | YOWANDA AVIF MUFTIDIYANTO | |
LUKMANUL HAKIM | YUDIANTO ROHMAN | |
LUTHFI AJI ASMAWI | ZAMRONI ABDULLAH AL-KAUTSAR | |
MASOFI ALI ROFSANJANI |
A. BUSYROL HAFI | MALIKI NASER MUHAMMAD | |
ABDUL MUJIB | MIFTAHUL MUBIN | |
AFRIZAL AMIRUDDIN | MISBACHUL HUDA | |
AHMAD FIRDAUS AL GHOFIRI | MOH. ARIF LUQMAN HAKIM | |
AHMAD SOBIRIN | MOH. ZAKKY MUBAROK | |
AHMAD ZAINI | MUH. ABDUL QOHIR AL JURJANI | |
AQWAMIT TORIK | MUH. AFTHON ULIN NUHA | |
ARIF RAHMAT AGUS KURNIAWAN | MUH. AMINURRAHMAT KUSUMA P. | |
ASNAL MAFATIH | MUH. IRFAN FIRDAUS ARIFIANTO | |
BUDI SETIAWAN | MUH. IWAN IHYAK ULUMUDDIN | |
FATIKHUL HUDA | MUH. ROISUDDIN ZAINURI | |
HANIF SAIFUDIN | MUHAMMAD AMIRUR RIJAL ARIFIN | |
ICHSAN ROMADHONI | MUHAMMAD BAYU ROHMATULLOH | |
IZZUL HIMAM | MUHAMMAD HANIEF MUSLIKH | |
LUQMAN HAKIM | MUKHAMMAD SYAMSUL HUDA |
Uzy Ibni Muhammad Copyright © 2009 WoodMag is Designed by Ipietoon for Free Blogger Template