9.02.2009

Pengertian Nilai

Tulisan yang berhubungan



A. PENGERTIAN NILAI
Nilai adalah sesuatu yang berharga, bermutu, menunjukkan kualitas, dan berguna
bagi manusia. Sesuatu itu bernilai berarti sesuatu itu berharga atau berguna
bagi kehidupan manusia.
Adanya dua macam nilai tersebut sejalan dengan penegasan pancasila sebagai ideologi terbuka. Perumusan pancasila sebagai dalam pembukaan UUD 1945. Alinea 4 dinyatakan sebagai nilai dasar dan penjabarannya sebagai nilai instrumental. Nilai dasar tidak berubah dan tidak boleh diubah lagi. Betapapun pentingnya nilai dasar yang tercantum dalam pembukaan UUD 1945 itu, sifatnya belum operasional. Artinya kita belum dapat menjabarkannya secara langsung dalam kehidupan sehari-hari. Penjelasan UUD 1945 sendiri menunjuk adanya undang-undang sebagai pelaksanaan hukum dasar tertulis itu. Nilai-nilai dasar yang terkandung dalam pembukaan UUD 1945 itu memerlukan penjabaran lebih lanjut. Penjabaran itu sebagai arahan untuk kehidupan nyata. Penjabaran itu kemudian dinamakan Nilai Instrumental.

Nilai Instrumental harus tetap mengacu kepada nilai-nilai dasar yang dijabarkannya Penjabaran itu bisa dilakukan secara kreatif dan dinamis dalam bentuk-bentuk baru untuk mewujudkan semangat yang sama dan dalam batas-batasyang dimungkinkan oleh nilai dasar itu. Penjabaran itu jelas tidak boleh bertentangan dengan nilai-nilai dasarnya.

B. CIRI-CIRI NILAI
Sifat-sifat nilai menurut Bambang Daroeso (1986) adalah Sebagai berikut.
a. Nilai itu suatu realitas abstrak dan ada dalam kehidupan manusia. Nilai yang bersifat abstrak tidak dapat diindra. Hal yang dapat diamati hanyalah objek yang bernilai itu. Misalnya, orang yang memiliki kejujuran. Kejujuran adalah nilai,tetapi kita tidak bisa mengindra kejujuran itu. Yang dapat kita indra adalah kejujuran itu.
b. Nilai memiliki sifat normatif, artinya nilai mengandung harapan, cita-cita, dan suatu keharusan sehingga nilai nemiliki sifat ideal (das sollen). Nilai diwujudkan dalam bentuk norma sebagai landasan manusia dalam bertindak. Misalnya, nilai keadilan. Semua orang berharap dan mendapatkan dan berperilaku yang mencerminkan nilai keadilan.
c. Nilai berfungsi sebagai daya dorong/motivator dan manusia adalah pendukung nilai. Manusia bertindak berdasar dan didorong oleh nilai yang diyakininya.Misalnya, nilai ketakwaan. Adanya nilai ini menjadikan semua orang terdorong untuk bisa mencapai derajat ketakwaan.

C. MACAM-MACAM NILAI
Dalam filsafat, nilai dibedakan dalam tiga macam, yaitu
a. Nilai logika adalah nilai benar salah.
b. Nilai estetika adalah nilai indah tidak indah.
c. Nilai etika/moral adalah nilai baik buruk.
Berdasarkan klasifikasi di atas, kita dapat memberikan contoh dalam kehidupan. Jika seorang siswa dapat menjawab suatu pertanyaan, ia benar secara logika. Apabila ia keliru dalam menjawab, kita katakan salah. Kita tidak bisa mengatakan siswa itu buruk karena jawabanya salah. Buruk adalah nilai moral sehingga bukan pada tempatnya kita mengatakan demikian. Contoh nilai estetika adalah apabila kita melihat suatu pemandangan, menonton sebuah pentas pertunjukan, atau merasakan makanan, nilai estetika bersifat subjektif pada diri yang bersangkutan. Seseorang akan merasa senang dengan melihat sebuah lukisan yang menurutnya sangat indah, tetapi orang lain mungkin tidak suka dengan lukisan itu. Kita tidak bisa memaksakan bahwa luikisan itu
indah.
Nilai moral adalah suatu bagian dari nilai, yaitu nilai yang menangani kelakuan
baik atau buruk dari manusia.moral selalu berhubungan dengan nilai, tetapi tidak
semua nilai adalah nilai moral. Moral berhubungan dengan kelakuan atau tindakan
manusia. Nilai moral inilah yang lebih terkait dengan tingkah laku kehidupan
kita sehari-hari.
Notonegoro dalam Kaelan (2000) menyebutkan adanya 3 macam nilai. Ketiga nilai
itu adalah sebagai berikut :
a. Nilai material, yaitu segala sesuatu yang berguna bagi kehidupan jasmani manusia atau kebutuhan ragawi manusia.
b. Nilai vital, yaitu segala sesuatu yang berguna bagi manusia untuk dapat mengadakan kegiatan atau aktivitas.
c. Nilai kerohanian, yaitu segala sesuatu yang berguna bagi rohani manusia. Nilai kerohanian meliputi
1) Nilai kebenaran yang bersumber pada akal (rasio, budi, cipta) manusia.
2) Nilai keindahan atau nilai estetis yang bersumber pada unsur perasaan(emotion) manusia.
3) Nilai kebaikan atau nilai moral yang bersumber pada unsur kehendak (karsa,Will) manusia.
Nilai religius yang merupakan nilai keohanian tertinggi dan mutlak serta bersumber pada kepercayaan atau keyakinan manusia.




47 komentar:

bobo mengatakan...

=)) :)) :)] ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} ~x( :-t b-( :-L x( =))

Faruq RabZz on 8/19/2010 mengatakan...

gua coment :)
haha

Anonim mengatakan...

Bermanfaat banget.
Thanks y..

java2nd TM mengatakan...

nice tq infonya

Anonim mengatakan...

kok gk da nilai edukatif bro? :-o =((

Anonim mengatakan...

:X
mkasih y

Anonim mengatakan...

makasi, bermanfaat bgt nih, buat tugas skolah..
trims

anny_riwayati on 2/01/2011 mengatakan...

aku nyari arti nilai prediktif tu apa? ko' enggak ada ya disini?

RifayanuAlAziiz on 2/12/2011 mengatakan...

makasih yah, , mhon izin utk aku copy , hehhe

Fransiskus Xaverius on 3/09/2011 mengatakan...

Tanya bos...
1. Contoh riil dibalik nilai dalam landasan Panccasila.
2. Apa makna dibalik kegiatan tersebut?.

mohon dijawab dan dikirim di email ini Fransiskus_Xaverius_Agus@yahoo.co.id
di tunggu jawabannya segera. thanks.

nabila inas noviana on 5/21/2011 mengatakan...

,,,,,,:)) :)] ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X

yoga on 6/09/2011 mengatakan...

nilai dalam karya sastra apa ??? =))

Anonim mengatakan...

kok gk dha maksud nilai sih ..?

Anonim mengatakan...

pengertan nilai ditinjau dari bberapa aspek maunya dimasukkan juga....

melinhoo yudhoyono mengatakan...

thanks yaaa skrang tugass q dah selesaiii,,,,,,,,

kooobee gebby mengatakan...

wew contoh2 nilai na mna/..,.,.

ifan mengatakan...

mntap nie,jdi slsai tugas ku
mksih y

Anonim mengatakan...

maaf,
mw tanya ada g nilai prodesse,delctare,pengetahuan,instrumentalia,bentuk,ama kehidupan ??
klw ada tlong di share ya ?

aguzs sudrazat on 10/06/2011 mengatakan...

good...

Anonim mengatakan...

makasih :-)

abd rahman mengatakan...

nilai kan sesuatu yag bermanfaat, tpi nilai 0 i2 apkh bermanfaat????????????????

Anonim mengatakan...

makasii , bermanfaat bgt

Anonim mengatakan...

catatan anda sangat membantu saya,,, :)

Anonim mengatakan...

kutipannya diambil darimana? tolong beri referencex dunk..biar lebih lengkap.. ;)

Anonim mengatakan...

Nilai rupiah sekarang brapa gan.?

imut mengatakan...

catatan kamu sangat berarti bagi peljaran saya

Anonim mengatakan...

NILAI SEKARANG EMANG KITA PERLUKANTAPI TIDAK HANYA NILAI UANG DAN MATERI LAINNYA TAPI JUGA NILAI MORAL KARENA ITU SANGATLAH SULIT DIJAMAN SEKARANG NI,

Anonim mengatakan...

MAKASIH BRO,,Bermanfaat x......

Melly Marina on 6/16/2012 mengatakan...

loh, mana definisi nilai religi?

melinda noktafena mengatakan...

bermanfaaat sekali yaaa??

AO on 8/17/2012 mengatakan...

Oooh jadi pengertian singkat tentang nilai itu ialah harga, kadar, dan sesuatu :0

nabila mengatakan...

thanks...
akhirnya tugasku selesai
:D

Anonim mengatakan...

nilai idealnya mana brow..

Anonim mengatakan...

ada enggak apa yang dimaksud dgn nilai religius dan lebih lengkapnya gitu

HermanNatawa on 10/15/2012 mengatakan...

Akhirnyaa.. Selesai juga tugas PpKN nya. Hehe :D makasi pak :)

HermanNatawa on 10/15/2012 mengatakan...

Akhirnyaa.. Selesai juga tugas PpKN nya. Hehe :D makasi pak :)

Anonim mengatakan...

hahahahahahahaha walaupun agak alay backgroundnya tpi, makasih ya bro

Anonim mengatakan...

nilai lebih untuk anda
atas informasi yng bermanfaat
@@ :)

jojo on 12/04/2012 mengatakan...

kurang lengkap, tapi bisalah diambil sedikit sebagai bahan

Jamaluddin D.babal on 12/24/2012 mengatakan...

Banyak makna yang sudah bisa di ambil dari setiap penjelasan yang ada.

Anonim mengatakan...

sayangnya gak ada daftar pustakanya ya...:D
hehee

Imeh Hatimah on 1/02/2013 mengatakan...

cantumkan daftar pustaka nya yah, biar ga disangka plagiat..:-)

pena kecil sativa on 3/29/2013 mengatakan...

Salam kenal...
Sukron Jazilan ya akh,,
blognya sangat educative
tambah referensi buat skripsi saya ..
:)

Anonim mengatakan...

fungsi dari nilai kerohanian ap gan??

Anonim mengatakan...

boleh anya gx...
nie nilai menurut penulis atau menurut orang lain atau menurut siapa? soalna di pr aku harus dicantumin sumber dan menurut siapa
makasih

Anonim mengatakan...

thankz banget ya :)

Nurul Ngaini Setyama on 9/25/2013 mengatakan...

thanksssss

Poskan Komentar

 

Kunjungan


Aktifitas

My Blog List

Uzy Ibni Muhammad Copyright © 2009 WoodMag is Designed by Ipietoon for Free Blogger Template