8.26.2009

Ulangan Harian Jaringan Komputer

MADRASAH ALIYAH NEGERI TAMBAKBERAS JOMBANG
MATA PELAJARAN : TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI
KELAS/SEMESTER : XI/1
BULAN : SEPTEMBER 2009



1. Jelaskan dengan tepat istilah dari jaringan di bawah ini :
a. Jaringan Komputer
b. Jaringan Internet
c. Jaringan Intranet
d. Jaringan Telepon

2. Apa yang anda ketahui tentang jaringan komputer dan kenapa jaringan komputer saat ini diperlukan ?

3. Sebutkan dan jelaskan beberapa hal yang sangat penting untuk diketahui dalam membangun suatu jaringan komputer.

4. Sebutkan 4 (empat) sisi negatif dan positif penggunaan internet dalam kalangan remaja !

5. Jelaskan dengan tepat istilah yang ada dalam dunia internet di bawah ini :
a. Download
b. Hosting
c. Browsing
d. HTML

6. Apa perbedaan dari kabel UTP dengan Coaxial

7. Jelaskan apa yang dimaksud dengan jaringan LAN, MAN dan WAN !

8. Sebutkan 5 perangkat keras jaringan dan jelaskan secara rinci satu persatu !

9. Apakah fungsi HUB dalam jaringan !

10. Sebutkan topologi jaringan dan jelaskan kelemahan dan keuntungan dari masing-masing topologi tersebut !

Jawaban di tulis dalam bentuk file format doc.
cantumkan : Nama Lengkap, No. Induk dan Kelas
Jawaban di kirim lewat e-mail :
tikmantab@yahoo.co.id atau tikmantab@gmail.com
paling lambat tanggal 17 September 2009
selamat mengerjakan dan berselancar di dunia maya

Baca Selengkapnya...

7.11.2009

Si Dia Berbohong? Ini Dia Tanda - Tandanya


Memang menyebalkan kalau kita dibohongi oleh pasangan kita. Rasanya curiga tapi nggak yakin apa dia bohong atau jujur terhadap kita..Lalu bagaimana cara untuk mendeteksi apakah si dia sedang berbohong? Berikut ini beberapa bahasa tubuh yang mengidentifikasikan kalau si dia sedang berbohong.

Pandangan mata
Cobalah tatap matanya tatap matanya saat bicara kalau dia bohong biasanya dia tidak berani menatap langsung dan memalingkan wajahnya kearah lain. Tapi ada juga sinyal lainnya seperti menggaruk atau mengusap matanya sekilas. Karena adanya insting untuk membuang tatapan matanya. Patut dicurigai juga jika kamu meminta penjelasan darinya dan dia menjawab pertanyaanmu sambil menaikkan alis matanya seperti ingin meyakinkanmu untuk percaya padanya.

Terlalu detail
Ketika kamu bertanya padanya “Kamu darimana saja?” Dan ia menjawab “Aku tadi habis dari toko buku di jalan X. Habis beli buku buat tugas mata kuliah ekonomi. Hampir saja aku terjatuh tadi Kakiku jadi terkilir sedikit. Ramai sekali disana banyak diskon jadi aku harus mengantri lama banget deh.”

Jika jawaban dia terlalu detail bisa jadi dia sedang sedang berpikir mencari alasan kebohongan dengan pemikiran yang terlalu rinci.


Bicara cepat dan tidak jelas
Perhatikan kecepatan bicaranya. Jika setelah ditanya dia menjawab pertanyaan dengan cepat dan seperti ingin buru buru menyelesaikan percakapan.

Tiba – tiba memuji
Ketika kamu tanya tiba tiba dia malah memuji penampilanmu mmhh.. curigalah jika dia tiba-tiba memuji disaat yang tidak tepat siapa tahu dia sedang berusaha mengalihkan arah pembicaraan.

Tidak konsisten saat berbicara
Jika kamu menanyakan pertanyaan yang sama secara berulang-ulang dan jawaban dia berubah-ubah wah itu merupakan sinyal bahwa dia sedang berbohong karena biasanya orang yang berbohong cenderung tidak konsisten terhadap apa yang dia katakan dan menciptakan kebohongan baru untuk menutupi kebohongan awalnya.

Bahasa tubuh yang aneh
Perhatikanlah gerak gerik tubuhnya apabila dia tiba tiba terlihat grogi menggaruk hidungnya padahal tidak gatal memegang lehernya meremas tangannya memainkan rambutnya atau membenahi bajunya padahal nggak ada yang salah dengan bajunya. Hal tersebut merupakan sinyal bahwa si dia sedang grogi dan tidak merasa nyaman dengan apa yang sedang dia bicarakan karena dia berbohong. (noe/noe)

sumber : http://www.bergaul.com

Baca Selengkapnya...

6.10.2009

Pengumuman UN SMA/MA 2009

PENGUMUMAN UJIAN NASIONAL
MAN TAMBAKBERAS JOMBANG
TAHUN PELAJARAN 2009/2010





Pengumuman Ujian Nasional 2009 MAN Tambakberas Jombang, Tahun Pelajaran 2009/2010

Program BAHASA
Program IPA
Program IPS

Sumber : MAN Tambakberas


al_hamdulillah
sujud syukur ke hadirat illahi robby,,,,, MAN Tambakberas Jombang,,,,,,,
LULUS 100%


Alhamdulillah,,,,,,,,,,,,,,,,,,,



Baca Selengkapnya...

6.01.2009

Silabus PKn SMA

Mata Pelajaran Kewarganeganegaraan telah mengalami revitalisasi dari masa ke masa. Sebelum mata pelajaran pendidikan Kewargaan Negara, kita pernah mengenal Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) pada kurikulum 1994, Pendidikan Moral Pancasila (PMP) pada kurikulum 1984, PKN pada kurikulum 1973.
Civics tahun 1962 yang tampil dalam bentuk indoktrinasi politik; civics tahun 1968 sebagai unsur dari pendidikan kewargaan negara yang bernuansa pendidikan ilmu pengetahuan sosial; PKN tahun 1969 yang tampil dalam bentuk pengajaran konstitusi dan ketetapan MPRS; PKN tahun 1973 yang diidentikkan dengan pengajaran IPS; PMP tahun 1975 dan 1984 yang tampil menggantikan PKN dengan isi pembahasan P4; dan PPKn 1994 sebagai penggabungan bahan kajian Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan yang tampil dalam bentuk pengajaran konsep nilai yang disaripatikan dari Pancasila dan P4. Krisis operasional tercermin dalam terjadinya perubahan isi dan format buku pelajaran, penataran guru yang tidak artikulatif, dan fenomena kelas yang belum banyak bergeser dari penekanan pada proses kognitif memorisasi fakta dan konsep. (Prodi Pend. Kewarganegaraan Sekolah Pascasarjana UPI)


1. Kelas X SMA

1. Standar Kompetensi
  • Memahami hakikat bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)
  • Kompetensi Dasar:
  • Mendeskripsikan hakikat bangsa dan unsur-unsur terbentuknya negara
  • Mendeskripsikan hakikat negara dan bentuk-bentuk kenegaraan
  • Menjelaskan pengertian, fungsi dan tujuan NKRI
  • Menunjukkan semangat kebangsaan, nasionalisme dan patriotisme dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara
Latihan Soal

2. Standar Kompetensi
  • Menampilkan sikap positif terhadap sistem hukum dan peradilan nasional
  • Kompetensi Dasar:
  • Mendeskripsikan pengertian sistem hukum dan peradilan nasional
  • Menganalisis peranan lembaga-lembaga peradilan
  • Menunjukkan sikap yang sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku
  • Menganalisis upaya pemberantasan korupsi di Indonesia
  • Menampilkan peran serta dalam upaya pemberantasan korupsi di Indonesia
Latihan Soal

3. Standar Kompetensi
  • Menampilkan peran serta dalam upaya pemajuan, penghormatan dan perlindungan Hak Asasi Manusia (HAM)
  • Kompetensi Dasar:
  • Menganalisis upaya pemajuan, penghormatan, dan penegakan HAM
  • Menampilkan peran serta dalam upaya pemajuan, penghormatan, dan penegakan HAM di Indonesia
  • Mendeskripsikan instrumen hukum dan peradilan internasional HAM
Latihan Soal

4. Standar Kompetensi
  • Menganalisis hubungan dasar negara dengan konstitusi
  • Kompetensi Dasar:
  • Mendeskripsikan hubungan dasar negara dengan konstitusi
  • Menganalisis substansi konstitusi negara
  • Menganalisis kedudukan pembukaan UUD 1945 Negara Kesatuan Republik Indonesia
  • Menunjukkan sikap positif terhadap konstitusi negara
Latihan Soal

5. Standar Kompetensi
  • Menghargai persamaan kedudukan warga negara dalam berbagai aspek kehidupan
  • Kompetensi Dasar:
  • Mendeskripsikan kedudukan warga negara dan pewarganegaraan di Indonesia
  • Menganalisis persamaan kedudukan warga negara dalam kehidupan bermasyarakat,berbangsa dan negara
  • Menghargai persamaan kedudukan warga negara tanpa membedakan ras, agama, gender, golongan, budaya, dan suku
Latihan Soal

6. Standar Kompetensi
  • Menganalisis sistem politik di Indonesia
  • Kompetensi Dasar:
  • Mendeskripsikan supra struktur dan infra struktur politik di Indonesia
  • Mendeskripsikan perbedaan sistem politik di berbagai negara
  • Menampilkan peran serta dalam sistem politik di Indonesia
Latihan Soal

2. Kelas XI SMA

1. Standar Kompetensi
Menganalisis budaya politik di Indonesia
Kompetensi Dasar:
  • Mendeskripsikan pengertian budaya politik
  • Menganalisis tipe-tipe budaya politik yang berkembang dalam masyarakat Indonesia
  • Mendeksripsikan pentingnya sosialisasi pengembangan budaya politik
  • Menampilkan peran serta budaya politik partisipan
Latihan Soal

2. Standar Kompetensi
Menganalisis budaya demokrasi menuju masyarakat madani
Kompetensi Dasar:
  • Mendeskripsikan pengertian dan prinsip-prinsip budaya demokrasi
  • Mengidentifikasi ciri-ciri masyarakat madani
  • Menganalisis pelaksanaan demokrasi di Indonesia sejak orde lama, orde baru dan reformasi
  • Menampilkan perilaku budaya demokrasi dalam kehidupan sehari-hari
Latihan Soal

3. Standar Kompetensi
Menampilkan sikap keterbukaan dan keadilan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
Kompetensi Dasar:
  • Mendeskripsikan penegrtian dan pentingnya keterbukaan dan keadilan dalam kehiudpan berbangsa dan bernegara
  • Menganalisis dampak penyelenggaraan pemerintahan yang tidak transparan
  • Menunjukkan sikap keterbukaan dan keadilan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara


4. Standar Kompetensi
Menganalisis hubungan internasional dan organisasi internasional
Kompetensi Dasar:
  • Mendeskripsikan penegrtian, pentingnya dan sarana-sarana hubungan internasional bagi suatu negara
  • Menjelaskan tahap-tahap perjanjian internasional
  • Menganalisis fungsi perwakilan diplomatik
  • Mengkaji peranan organisasi internasional (ASEAN, AA, PBB) dalam meningkatkan hubungan internasional
  • Menghargai kerjasama dan perjanjian internasional yang bermanfaat bagi Indonesia
Latihan Soal

5. Standar Kompetensi
Menganalisis sistem hukum dan peradilan internasional
Kompetensi Dasar:
  • Mendeskripsikan sistem hukum dan peradilan internasional
  • Menjelaskan penyebab timbulnya sengketa internasional dan cara penyeelsaian oleh Mahkamah Internasional
  • Menghargai putusan Mahkamah Internasional
Latihan Soal

3. Kelas XII SMA

1. Standar Kompetensi
Menampilkan sikap positif terhadap Pancasila sebagai ideologi terbuka
Kompetensi Dasar:
  • Mendeskripsikan Pancasila sebagai ideologi terbuka
  • Menganalisis Pancasila sebagai sumber nilai dan paradigma pembangunan
  • Menampilkan sikap positif terhadap Pancasila sebagai ideologi terbuka

2. Standar Kompetensi
Mengevaluasi berbagai sistem pemerintahan
Kompetensi Dasar:
  • Menganalisis sistem pemerintahan di berbagai negara
  • Menganalisis pelaksanaan sistem pemerintahan Negara Indonesia
  • Membandingkan pelaksanaan sistem pemerintahan yang berlaku di Indonesia dengan negara lain
Latihan Soal

3. Standar Kompetensi
Mengevaluasi peranan pers dalam masyarakat demokrasi
Kompetensi Dasar:
  • Mendeskripsikan pengertian, fungsi dan peran serta perkembangan pers di Indonesia
  • Menganalisis pers yang bebas dan bertanggung jawab sesuai kode etik jurnalistik dalam masyarakat demokratis di Indonesia
  • Mengevaluasi kebebasan pers dan dampak penyalahgunaan kebebasan media massa dalam masyarakat demokratis di Indonesia
Latihan Soal

4. Standar Kompetensi
Mengevaluasi dampak globalisasi
Kompetensi Dasar:
  • Mendeskripsikan proses, aspek, dan dampak globalisasi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
  • Mengevaluasi pengaruh globalisasi terhadap kehidupan Bangsa dan Negara Indonesia
  • Menentukan sikap terhadap pengaruh dan implikasi globalisasi terhadap Bangsa dan Negara Indonesia
  • Mempresentasikan tulisan tentang pengaruh globalisasi terhadap Bangsa dan Negara Indonesia
Latihan Soal



Baca Selengkapnya...

5.22.2009

Santri Facebook atau Facebook Santri

Jejaring sosial di dunia maya emang udah merambah segala lini kehidupan manusia di bumi, engga hanya facebook, friendster, dan situs-situs laen penyedia jejaring sosial. Sehingga menyulut kekhawatiran sekira 700 tokoh muslim di Surabaya, Jawa Timur untuk segera mengeluarkan fatwa terhadap Facebook. Mereka menilai menjamurnya jejaring sosial tersebut dirasa akan memberikan dampak negatif bagi umat Muslim di Indonesia, dan dapat digunakan untuk transaksi seks terselubung. Sesuai ajaran muslim, cara mengantisipasi dari hal yang tidak diinginkan, pihak pesantren masih memperbolehkan para siswanya terdaftar sebagai pengguna Facebook, namun dengan batasan penyaringan dari situs yang berbau porno atau yang mengundang syahwat birahi. (klik disini)
gimana nih tanggapan bos facebook sendiri : Debbie Frost menyatakan, keberadaan situs pertemanan itu adalah jejaring sosial maya yang memudahkan para penggunanya untuk selalu berkomunikasi dan berhubungan satu sama lain, dalam agenda yang positif.

Haruskan Santri HARAM sebagai pengguna FACEBOOK........
Dalam Islam mengenal Hadharah dan Madaniyyah,
Hadharah adalah sekumpulan ide, keyakinan, konsep yang muncul dari ideologi tertentu, atau merupakan derivasi dari pandangan hidup, Sedangkan iptek itu termasuk madaniyah 'aam yang bebas nilai. Termasuk internet dan segala aplikasinya. Kalau pun dianggap haram, yang lebih tepat adalah ide, gagasan atau tindakan (hadharah) yang menciptakan aplikasi internet itu, bukan internetnya sendiri.
Nah bagaimana dengan santri, santri dan pondok pesantren........
Lebih efektif jika wacananya diarahkan kepada tindakan orang dan policy-nya yang ada dibalik internet atau aplikasinya. Merasa Facebook banyak mudharatnya? Usulkan policy yang bisa menghilangkan kemudharatan tersebut. Atau buat aplikasi jejaring yang baru yang lebih baik, seperti http://muxlim.com misalnya. nyo... kita ngumpul2 lewat http://mantambakberas.blogspot.com/ ato di http://mantambakberas.com/
sumber : http://politikana.com
المحافظة على القديم الصالح والأخد بالجديد الأصلح

Santri Haramkan Penggunaan Berlebihan Jejaring Sosia
l
sumber : antara news

Kediri (ANTARA News) - Forum Musyawarah Pondok Pesantren Putri (FMPP) se-Jawa Timur mengharamkan penggunaan jejaring sosial seperti "friendster" dan "facebook" yang berlebihan.
"Berlebihan itu antara lain jika penggunaannya menjurus pada perbuatan mesum, dan yang tidak bermanfaat," kata Humas FMPP, Nabil Harun di Kediri Jawa Timur Jumat.
Ia mengatakan, penggunaan forum jejaring sosial, seperti, "friendster", "facebook", maupun media komunikasi lainnya, seperti "audio call", "video call", SMS, 3G yang diperbolehkan adalah yang membawa manfaat, seperti dagang, "khitbah" (lamaran), jual-beli, maupun dakwah.
Nabil mengatakan penggunaan jejaring tersebut sudah mengarah pada perilaku mesum, terlihat dari i berbagai gambar dan tulisan yang terpampang.
Nabil mengungkapkan, pengambilan kebijakan mengharamkan penggunaan "facebook" berlebihan itu didasarkan pada Kitab Suci dan Hadis, di antaranya kitab "Bariqah Mahmudiyyah" vol. IV hal. 7, Ihya "Ulumuddin" vol. III hal. 99, "I`anatut Thalibin" vol. III hal. 260, serta beberapa landasan kitab lainnya.
"Dalam mengambil kebijakan, kami tidak main-main, karena kami juga berdasakan kitab dan Quran," katanya.
Ia juga menjelaskan pengambilan keputusan tersebut berbeda dengan pengambilan keputusan lembaga lainnya yang juga mengadakan "bahtsul masail" dan biasanya dilakukan dengan suara terbanyak.
"Sementara keputusan forum tersebut dengan kata musyawarah mufakat. Jika memang tidak ada keputusan, akan dibahas di forum tertinggi," katanya mengungkapkan.

Dalam pengambilan keputusan tersebut, Nabil menjelaskan, forum selalu diawasi dengan perumus, yang dilanjutkan dilanjutkan dengan keputusan "musyahih" (untuk mensahkan).
Forum Musyawarah Pondok Pesantren Putri (FMPP) se-Jawa Timur XI di Pondok Pesantren Putri Hidayatul Mubtadi-aat Lirboyo, Kota Kediri tersebut, diikuti sekitar 700 santri.
Dalam forum tersebut dibahas sebanyak delapan hal, mulai dari jejaring sosial, pro kontra Ponari, dilema perempuan di masa "iddah" (menunggu setelah suami meninggal), dan beberapa bahan lainnya.
Hadir dalam kegiatan tersebut, para perumus dan musyahih, di antaranya K.H. Atoillah S. Anwar dari Lirboyo, Kediri, K.H. Abdul Muid dari Robithoh Maahid Islamiyah (RMI), K.H. Sunandi dari Banyuwangi, serta beberapa kiai lainnya. (*)


Baca Selengkapnya...
 

Kunjungan

Aktifitas

Uzy Ibni Muhammad Copyright © 2009 WoodMag is Designed by Ipietoon for Free Blogger Template