6.09.2010

Sambutan Kepala Sekolah

Tulisan yang berhubungan





Sambutan Kepala MAN Tambakberas

(Tugas Akhir Teknologi Informasi : Weblog Siswa-Siswi MAN Tambakberas)

Oleh :

Drs. H. Ah. Sutari, M.Pd

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته

إن الحمد لله نحمده ونستعينه ونستغفره، ونعوذ بالله من شرور أنفسنا ومن سيّئات أعمالنا، من يهده الله فلا مضلّ له، ومن يضلل فلا هادي له، وأشهد أن لا إله إلا الله وحده لا شريك له، وأشهد أنّ محمداً عبده ورسوله.

Saat ini, sektor teknologi komunikasi mengalami pertumbuhan yang sangat pesat baik dari segi teknologi, struktur industri, nilai bisnis dan ekonomi maupun dampaknya bagi kehidupan sosial. teknologi informasi mampu menggabungkan sifat-sifat teknologi telekomunikasi yang bersifat massif dengan teknologi komputer yang bersifat interaktif fenomena ini dikenal sebagai konvergensi. Konvergensi memungkinkan terselenggaranya telekomunikasi melalui media apa saja, termasuk TV, siaran radio dan multimedia.

Sebuah data menunjukkan bahwa rata-rata pengguna internet diperkotaan 60% adalah di bawah 30 tahun. Artinya sebagaian dari mereka adalah dari kalangan anak sekolah. yang masih muda. Data lain menunjukan hampir 30 % pengguna internet di Indonesia berasal dari kalangan remaja berusia 15-24 tahun. Bagi kalangan remaja Indonesia, khususnya remaja tingkat SMP dan SMA, internet sudah tentu bukanlah hal yang asing lagi terutama bagi remaja perkotaan.

Kini internet sudah diterima dan masuk sekolah-sekolah di Indonesia tak terkecuali di SMP/SMA salah satu bukti adalah adanya materi penggunaan internet pada mata pelajaran teknologi informasi dan komunikasi (TIK) yang harus dipelajari siswa-ssiwi SMP saat menduduki kelas IX. Jadi dengan adanya pemanfaatan internet di sekolah ini diharapkan mereka memperoleh kemudahan mengakses informasi dari berbagai sumber, khususnya yang berkaitan dengan materi yang paling mutakhir di bidang pendidikan atau pembelajaran.

Dilihat dari perkembangan usianya, remaja tingkat SMP/SMA merupakan remaja awal yang sedang berada dalam krisis identitas, cenderung mempunyai rasa keingintahuan yang tinggi, selalu ingin mencoba hal-hal baru, mudah terpengaruh dengan teman-teman sebayanya dan juga mulai suka memperluas hubungan antara pribadi dan komunikasi secara lebih dewasa dengan teman sebaya, baik laki-laki maupun perempuan. Perkembangan internet yang cukup pesat disertai minat yang besar dapat memberikan hasil yang baik maupun buruk bagi mereka, tergantung dari aktivitas online yang mereka lakukan sewaktu mereka mengakses internet.

Oleh karena itu, pengguna internet di sekolah sebaiknya perlu mendapatkan perhatian, karena melalui internet siswa-siswi tidak saja mengakses sumber-sumber yang relevan dengan pendidikan, tetapi bisa juga dimungkinkan untuk mengakses sumber-sumber yang tidak ada hubungannya dengan pendidikan atau bahkan bersifat negatif.

Dalam era globalisasi, dunia kerja tidak hanya mencari tenaga kerja yang berpengetahuan luas akan tetapi juga harus memiliki keterampilan profesional yang siap digunakan dilapangan pekerjaan. Remaja adalah segudang potensi dan sekaligus segudang problem. Jika potensi mereka dikembangkan dengan optimal, mereka bisa berhasil sebagai apa saja, ilmuwan, teknolog, pebisnis, seniman, atau olahragawan. Sebaliknya jika potensinya tidak dikembangkan dan diarahkan, mereka bisa terlibat dengan berbagai jenis kenakalan, dan tawuran, seks bebas, kecanduan obat-obatan hingga kriminalitas.

Siswa-siswi MAN Tambakberas yang saya cintai,

Ilmu dan pengetahuan merupakan hal mendasar yang dibutuhkan oleh semua orang dalam kehidupannya. Ilmu dan pengetahuan merupakan modal dasar bagi seseorang untuk melaksanakan segala aktivitas dalam kehidupannya. Dengan ilmu dan pengetahuan pula, sesorang akan dapat meningkatkan kualitas hidupnya. Dalam skala yang lebih luas, penguasaan ilmu dan pengetahuan merupakan tolak ukur kemajuan peradaban suatu bangsa.

Seiring dengan perkembangan zaman, kebutuhan manusia akan ilmu dan pengetahuan menjadi terus menerus meningkat. Peningkatan kebutuhan akan ilmu dan pengetahuan tersebut, memacu manusia menggunakan segala ilmu dan pengetahuan yang telah mereka miliki untuk menciptakan berbagai macam teknologi yang dapat memperlancar arus persebaran ilmu dan pengetahuan ke seluruh penduduk dunia. Internet adalah salah satu teknologi yang dibuat untuk tujuan tersebut.

Secara sederhana, internet adalah sekumpulan komputer yang terhubung melalui suatu jaringan dan dapat berkomunikasi satu sama lain. Dengan internet, seseorang dapat mencari informasi (ilmu dan pengetahuan) yang dibutuhkannya, maupun berbagi informasi dengan orang lain, dengan cepat dan mudah. Seseorang dapat pula mengirimkan sepucuk surat ke sahabatnya yang berada di belahan dunia yang jauh, hanya dalam waktu beberapa—bahkan mungkin seper-beberapa—detik. Berbagai peristiwa di berbagai belahan dunia juga dapat diketahui dengan cepat. Internet bagaikan sebuah perpustakaan raksasa dengan sedemikian banyak (milyaran, trilyunan, atau bahkan mungkin lebih) koleksi buku, bahan bacaan, maupun sarana penyimpanan informasi pandang dengar (audio visual) yang dapat diakses semua orang di seluruh dunia tanpa mengharuskan pengunjungnya untuk antre/menunggu giliran

Siswa Siswi MAN Tambakberas yang saya cintai

Kita memulai dengan sesuatu yang sebelumnya tidak memungkinkan untuk dilakukan dan saya harap pekerjaan ini tidak menghalangi kita untuk berubah. Saya berupaya untuk belajar dari kalian juga, sehingga pada saatnya nanti dapat saya perbaiki dan tingkatkan. Semoga apa yang kita lakukan bisa berjalan dengan baik dan memberikan contoh baik untuk diterapkan di Madrasah tercinta ini. Secara bertahap kita lakukan dan mohon bantuan dan masukannya dari semuanya.

Sebelumnya terima kasih kepada segenap dewan guru dan semua siswa-siswi MAN Tambakberas yang telah membantu saya mengembangkan teknologi informasi melalui situs pribadi (weblog) yang dikhususkan untuk pembelajaran Inovasi Pendidikan. Penghargaan yang tinggi dari saya sebagai bentuk dedikasi yang tinggi terhadap pola pengembangan pembelajaran yang terus akan dikembangkan. Hal yang ditekankan melalui pendidikan TIK ini adalah interaktifitas pembelajaran yang bisa dialami oleh setiap siswa. Inti dari pola ini adalah kita mencoba belajar jarak jauh dan mengembangkan pola pembelajaran ini, selanjutnya kita coba bahas dalam tatap muka.

Mohon kepada segenap Dewan Guru dan siswa-siswi MAN Tambakberas yang sudah menciptakan blog untuk mengembangkan dan meneruskan kepada teman-teman yang lain. Silahkan kunjungi weblog dewan guru dan siswa-siswi MAN Tambakberas :

  1. Daftar Weblog Guru MAN Tambakberas klik di sini
  2. Daftar Weblog Kelas Bahasa klik di sini
  3. Daftar Weblog Kelas IPA klik di sini
  4. Daftar Weblog Kelas IPS klik di sini
  5. Daftar Weblog Kelas Agama klik di sini

Terima kasih dan terus belajar dan berjuang agar masa depan kita bisa terbuka lebih lebar tanpa harus mengandalkan orang lain.

والسلام عليكم ورحمة الله وبركاته

Kepala Madrasah

Ttd

Drs. H. AH. SUTARI, M.Pd

0 komentar:

Poskan Komentar

 

Kunjungan


Aktifitas

Uzy Ibni Muhammad Copyright © 2009 WoodMag is Designed by Ipietoon for Free Blogger Template