12.15.2008

PENGGUNAAN INTERNET

Tulisan yang berhubungan



PENGGUNAAN INTERNET UNTUK MEMPEROLEH INFORMASI
A. WWW (WORLD WIDE WEB)
WWW merupakan layanan untuk browsing atau surfing bagi pengguna internet yang memberikan informasi baik berupa gambar Video atau text dalam berbagai format.
Layanan WWW ini disimpan pada sebuah Web Server sehingga pengguna yang hendak membukanya harus mempunyai Web client atau disebut Web browser. Aplikasi WEB browser

B. URL (Uniform Resource Locator) Dan Home Page
URL (Uniform Resource Locator) merupakan sebuah alamat yang menunjukkan rute atau jalur ke file atau fasilitas internet lainnya pada web. URL diketikan pada Web Browser untuk mengakses file atau fasilitas suatu situs web. Misalnya, Anda akan membuka atikel di ilmukomputer.com maka ketikan pada address barnya adalah http://www.ilmukomputer.com
Homepage merupakan halaman pertama atau halaman depan dari suatu website. Secara Default, halaman web suatu website, biasanya adalah index.php, index.htm, dan default.htm. tetapi, dalam mengetikan alamat suatu situs, misalnya http://www.geocities.com/uzey.htm, yang pertama kali tampil adalah halaman depan atau halaman pertama yang disebut sebagai homepage. Jadi, Unifrom Resource Lacator (URL) terletak setelah homepage.

C. Hypertext dan HTML
Pada saat anda mengetikan alamat situs atau website pada kotak address, secara otomatis di depannya ditambahkan http://. HTTP (Hyper Text Transfer Procotol) merupakan protokol untuk mendownload file ke Komputer. Protokol ini berbasis hypertext merupakan format teks yang umumnya digunakan di internet. Hypertext adalah dokumen on-line dalam bentuk tulisan atau gambar yang berhubungan dengan dokumen lainnya.
HTML (Hyper Text MarkUp Language) merupakan sebuah bahasa pemograman untuk halaman web dan merupakan format dokumen yang digunakan dan dapat diakses dengan World Wide Web (WWW). HTML menghasilkan tampilan halaman yang meliputi jenis huruf, elemen grafis, dan link hypertext ke dokumen lain di internet.

D. Search Engine (situs mesin pencari)
Search Engine atau mesin pencari merupakan salah satu fasilitas yang dimiliki beberapa situs yang ada di dunia yang dijalankan melalui Web Browser. Dengan fasilitas Search Engine. Para netter (pengguna internet) dapat dengan mudah mencari informasi yang dibutuhkan. Search Engine menyimpan miliaran halaman web yang merupakan database dari situs seluruh dunia. Situs yang melayani Search Engine ini, di antaranya adalah sebagai berikut.
1. yahoo.com
2. google.com atau google.co.id
3. msn.com
4. altavista.com
5. infoseek.com
6. snap.com

E. Download
Download merupakan tindakan mengambil file secara utuh melalui suatu web server. File yang bisa di download bermacam-macam format misalnya .doc, .html, .bmp .exe .pdf, dll.

F. E-Mail (electronic mail)
e-mail merupakan fasilitas yang ada di internet untuk keperluan pengiriman data dan berita, surat menyurat dalam bentuk data elektronik.
e-mail dapat diperoleh dengan bayar ataupun gratis yag diberikan oleh ISP (internet service provider) contoh untuk e-mail gratis yahoo.com, gmail.com, hotmail.com, plasa.com dll.


0 komentar:

Poskan Komentar

 

Kunjungan


Aktifitas

Uzy Ibni Muhammad Copyright © 2009 WoodMag is Designed by Ipietoon for Free Blogger Template