12.04.2010

Peranan TIK dalam Pendidikan

Terdapat 6 peranan TIK dalam bidang pendidikan, antara lain :

1. TIK sebagai skill dan kompetensi

  • Penggunaan TIK harus proporsional maksudnya TIK bisa masuk ke semua lapisan masyarakat tapi sesuainya dengan porsinya masing-masing.

2. TIK sebagai infratruktur pembelajaran

  • Tersedianya bahan ajar dalam format digital
  • The network is the school
  • belajar dimana saja dan kapan saja

3. TIK sebagai sumber bahan belajar

  • Ilmu berkembang dengan cepat
  • Guru-guru hebat tersebar di seluruh penjuru dunia
  • Buku dan bahan ajar diperbaharui secara kontinyu
  • Inovasi memerlukan kerjasama pemikiran
  • Tanpa teknologi, pembelajaran yang up-to-date membutuhkan waktu yang lama

4. TIK sebagai alat bantu dan fasilitas pembelajaran

  • Penyampaian pengetahuan mempertimbangkan konteks dunia nyata
  • Memberikan ilustrasi berbagai fenomena ilmu pengetahuan untuk mempercepat penyerapan bahan ajar
  • Pelajar melakukan eksplorasi terhadap pengetahuannya secara lebih luas dan mandiri
  • Akuisisi pengetahuan berasal dari interaksi mahasiswa dan guru
  • Rasio antara pengajar dan peserta didik sehingga menentukan proses pemberian fasilitas

5. TIK sebagai pendukung manajemen pembelajaran

  • Tiap individu memerlukan dukungan pembelajaran tanpa henti tiap harinya
  • Transaksi dan interaksi interaktif antar stakeholder memerlukan pengelolaan back office yang kuat
  • Kualitas layanan pada pengeekan administrasi ditingkatkan secara bertahap
  • Orang merupakan sumber daya yang bernilai

6. TIK sebagai sistem pendukung keputusan

  • Tiap individu memiliki karakter dan bakat masing-masing dalam pembelajaran
  • Guru meningkatkan kompetensinya pada berbagai bidang ilmu
  • Profil institusi pendidikan diketahui oleh pemerintah.
sumber : ilmu komputer bersama Dr. Wawan Setiawan, M.Kom
Baca Selengkapnya...

11.29.2010

Kode-Kode HTML

Perintah-Perintah TAG dalam kode HTML
  1. !--– –-- ==>Memberi komentar atau keterangan. Kalimat yang terletak pada tag kontiner ini tidak akan terlihat pada browser
  2. A HREF==> Membuat link ke halaman lain atau ke bagian lain dari halaman tersebut
  3. A NAME=""==>Membuat nama bagian yang didefinisikan pada link pada halaman yang sama
  4. APPLET==> Sebagai awal dari Java applets
  5. Mendefinisikan daerah yang dapat diklik (link) pada image map
  6. B==>Membuat teks tebal
  7. BASEFONT==>Membuat atribut teks default seperti jenis, ukuran dan warna font
  8. BGSOUND==>Memberi (suara latar) background sound pada halaman web
  9. BIG==>Memperbesar ukuran teks sebesar satu point dari defaultnya
  10. BLINK==>Membuat teks berkedip
  11. BODY==>Tag awal untuk melakukan berbagai pengaturan terhadap text, warna link dan visited link
  12. BR==>Pindah baris
  13. CAPTION==>Membuat caption pada tabel
  14. CENTER==>Untuk perataan tengah terhadap teks atau gambar
  15. COMMENT==>Meletakkan komentar pada halaman web tidak tidak akan nampak pada browser
  16. DD==>Indents teks
  17. DIV==>Represents different sections of text.
  18. EMBED==>Menambahkan sound or file avi ke halaman web
  19. FN>Seperti tag A NAME=""
  20. FONT==>Mengganti jenis, ukuran, warna huruf yang akan digunakan utk teks
  21. FORM==>Mendefinisikan input form
  22. FRAME==>Mendefinisikan frame
  23. FRAMESET==>Mendefinisikan attribut halaman yang akan menggunakan frame
  24. H==.Ukuran font dari nilai 1 sampai 6 H1 samapai H2
  25. HEAD==> Mendefinisikan head document.
  26. HR==>Membuat garis horizontal
  27. HTML==> Bararti dokumen html
  28. I==> Membuat teks miring
  29. IMG==>Image, imagemap atau an animation
  30. INPUT==>Mendefinisikan input field pada form
  31. LI==>Membuat bullet point atau baris baru pada list (berpasangan dengan tag DIR, MENU, OL and UL)
  32. MAP==> Mendefinisikan client-side map
  33. MARQUEE==>Membuat scrolling teks (teks berjalan) – hanya pada MS IE
  34. NOBR==>Mencegah ganti baris pada teks atau images
  35. NOFRAMES>Jika browser user tidak mendukung frame
  36. OL==>Mendefinisikan awal dan akhir list
  37. P==>Ganti paragraf
  38. PRE==>Membuat teks dengan ukuran huruf yg sama
  39. SCRIPT>Mendefinisikan awal script
  40. TABLE==>Membuat tabel
  41. TD==>Kolom pada tabel
  42. TITLE==>Mendefinisikan title
  43. TR==>Baris pada tabel
  44. U==>Membuat teks bergaris bawah
Baca Selengkapnya...

Tips Merawat Laptop

Laptop merupakan jenis komputer yang mudah dibawa kemana-mana, karena itu kita mesti jaga dengan baik agar tidak cepat rusak yang disebabkan jatuh, terkena benturan, dll. Berikut ini tips-tips yang dapat dilakukan untuk merawat laptop agar awet:

  1. Gunakan laptop dengan hati-hati. Gunakan tas khusus laptop atau softcase untuk melindungi laptop dari goncangan-goncangan yang mungkin terjadi saat membawa laptop. Mengapa harus menggunakan tas khusus laptop? Karena tas ini terdapat busa sehingga akan melindungi laptop dari benda-benda lain yang ada di dalam maupun di luar tas tersebut. Selain itu jangan isi tas laptop dengan barang-barang yang lain sampai penuh agar laptop tidak mengalami tekanan.


  2. Letakkan laptop di tempat yang tepat. Jangan diletakkan di lantai terutama apabila sedang tidak digunakan, karena dapat terinjak. Selain itu, jangan meletakkan laptop di alas yang empuk seperti kasur, bantal, sofa, karena hal itu akan menghalangi sirkulasi udara di sekitar laptop dan menyebabkan panas yang dihasilkan tidak dapat keluar.


  3. Tutuplah laptop apabila tidak digunakan. Tutuplah dengan hati-hati karena engsel laptop sangat rawan kerusakan jika tidak dipergunakan dengan hati-hati.


  4. Jika ingin lebih bagus, dapat digunakan softcase untuk laptop agar permukaan laptop tetap bagus. Tetapi jangan lupa melepasnya apabila akan digunakan agar panas dari laptop dapat keluar. Harga softcase bermacam-macam, mulai sekitar Rp40.000,- sampai Rp100.000,-


  5. Sering-seringlah membersihkan keyboard laptop dengan menggunakan kuas atau vacuum cleaner portable. Untuk lebih amannya dapat digunakan pelindung laptop dari bahan silicon. Harga sekitar Rp25.000,-


  6. Untuk membersihkan layar dapat menggunakan cairan pembersih kaca, tetapi jangan langsung disemprotkan ke layar, karena akan merusak LCD, lebih baik menggunakan lap atau kain yang halus. Untuk lebih bagus lagi, dapat ditambah dengan screen guard/protector. Harganya masih terjangkau sekitar Rp55.000,-.


  7. Untuk menjaga permukaan laptop tetap mulus dan tidak lecet-lecet dapat digunakan skin decor. Selain itu skin decor juga dapat digunakan untuk mempercantik tampilan casing laptop. Ada banyak variasi gambar, ada juga yang transparan. Skin decor ini terdiri dari 2 lapisan yaitu lapisan gambar dan lapisan laminating yang membuat gambar tahan air dan mengkilap. Harganya sekitar Rp50.000,-


  8. Lindungi laptop Anda dari benda-benda yang mengandung medan magnet seperti handphone. Jika kita ingin mengakses internet menggunakan infrared pada handphone, letakkan dengan jarak sekitar 15 cm.


  9. Letakkan laptop pada tempat dengan temperatur yang tepat. Jangan terlalu tinggi atau terlalu rendah. Temperatur yang terlalu tinggi seperti di dalam mobil yang di parkir di bawah sinar matahari akan menyebabkan kerusakan pada baterai maupun bahan material laptop yang terbuat dari plastik. Sedangkan temperatur yang terlalu rendah akan menyebabkan munculnya uap atau embun yang merusaj papan sirkuit laptop. Batas temperatur yang tepat untuk laptop adalah sekitar 5°C – 35°C.




Baca Selengkapnya...

11.12.2010

DATA ALUMNI PP. BAHRUL 'ULUM
( IKABU )
IKATAN ALUMNI BAHRUL 'ULUM



Baca Selengkapnya...

11.08.2010

Bahasa Asing di Sekolah Langgar UU


Sejumlah sekolah bertaraf internasional (SBI) dan rintisan sekolah bertaraf internasional (RSBI) menempatkan bahasa asing sebagai bahasa pengantar pendidikan.
Peneliti bahasa, Dr Dendy Sugono, menilai bahwa penggunaan bahasa asing sebagai bahasa pengantar pendidikan di sekolah melanggar Undang-Undang Dasar 1945.
Penggunaan bahasa asing sebagai bahasa pengantar pendidikan akan mereduksi peran bahasa Indonesia dari dunia keilmuan dan kehidupan masa depan bangsa.
-- Dendy Sugono
”Dalam UUD 1945 sudah jelas bahwa bahasa resmi negara yang digunakan adalah bahasa Indonesia,” kata Dendy seusai menjadi pembicara dalam seminar nasional dan dialog budaya di Universitas Jember, Kabupaten Jember, Jawa Timur, Sabtu (6/11/2010).
Dendy mengatakan, sejumlah sekolah berstandar internasional (SBI) dan rintisan sekolah bertaraf internasional (RSBI) menempatkan bahasa asing sebagai bahasa pengantar pendidikan.
”Bukankah hal itu bertentangan dengan Pasal 33 Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dan Pasal 29 Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa, dan Lambang Negara serta Lagu Kebangsaan,” ucap mantan Kepala Pusat Bahasa Kementerian Pendidikan Nasional itu.
Dalam kedua undang-undang tersebut, dia melanjutkan, bahasa pengantar pendidikan nasional adalah bahasa Indonesia sehingga sejumlah SBI dan RSBI seharusnya mengutamakan penggunaan bahasa Indonesia, bukan bahasa asing seperti bahasa Inggris.
”Penggunaan bahasa asing sebagai bahasa pengantar pendidikan akan mereduksi peran bahasa Indonesia dari dunia keilmuan dan kehidupan masa depan bangsa,” kata anggota Masyarakat Linguistik Indonesia itu.
Menurut dia, internasionalisasi standar pendidikan di Indonesia hanya sebatas kulit, bukan substansi mutu pendidikan tersebut. ”Internasionalisasi standar pendidikan seharusnya menyentuh mutu pendidikan dan wawasan para siswanya, tidak sebatas pada penggunaan bahasa asing di sekolah,” ucapnya.
Kendati demikian, Pusat Bahasa tidak melarang sekolah mengajarkan bahasa asing. Namun, bahasa Indonesia harus mendapat prioritas utama untuk diajarkan kepada siswa.
Hal senada juga disampaikan budayawan Ayu Sutarto yang menilai bahwa penggunaan bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan saat ini mengalami pergeseran nilai.
”Banyak orangtua berlomba-lomba mendidik anak mereka dengan bahasa asing, tetapi lupa bahwa bahasa Indonesia adalah bahasa yang dapat membentuk karakter dan kepribadian bangsa,” tuturnya.

Sumber : Kompas, Senin, 8 November 2010
Baca Selengkapnya...

11.07.2010

Form Data TIK MAN Tambakberas


Baca Selengkapnya...

9.22.2010

Anginkah yang Membelah Laut Merah Buat Nabi Musa A.S?

Washington, AS (ANTARA/Reuters) - Angin dari timur yang berhembus kencang dikabarkan membantu terbelahnya Laut Merah oleh Nabi Musa seperti yang tertulis pada kitab suci agama Samawi, kata para ilmuwan Amerika Serikat, Selasa.

Simulasi komputer memperlihatkan bagaimana angin dapat menghempaskan air laut sehingga mencapai dasar lautan dan membentuk laguna, kata kelompok peneliti di Badan Nasional Penelitian Atmosfir dan Universitas Colorado di Boulder.

"Simulasi tersebut hampir cocok dengan bukti pada rombongan Musa," kata pemimpin penelitian itu, Carl Drews dari NCAR.

Menurut Carl, berdasarkan ilmu fisika, angin dapat menghempaskan air menjadi sebuah jalur yang aman untuk dilintasi karena sifatnya yang luwes, kemudian kembali mengalir seperti semula.

Menurut tulisan dari kitab suci Islam maupun Kristen, Nabi Musa AS. memimpin umat Yahudi keluar dari Mesir atas kejaran Firaun pada 3.000 tahun yang lalu. Laut Merah saat itu terbelah sementara untuk membantu rombongan Musa melintas dan langsung menutup kembali, menenggelamkan para tentara Firaun.

Drews dan kelompoknya meneliti tentang angin topan yang berasal dari Samudera Pasifik menciptakan badai besar yang dapat menghempaskan air di laut dalam.

Kelompoknya menunjukkan kawasan selatan Laut Mediterania yang diduga menjadi tempat penyeberangan itu, dan memaparkan bentuk tanah yang berbeda karena terbentuk setelahnya serta memicu isu mengenai lautan yang terbelah.

Pemaparan tersebut membutuhkan bentuk tapal kuda Sungai Nil dan laguna dangkal di sepanjang garis pantai. Hal ini memperlihatkan angin berkecepatan sekitar 101 kilometer per jam yang berhembus selama 12 jam, dapat menghempaskan air pada kedalaman sekitar dua meter.

"Laguna itu memiliki panjang sejauh 3-4 kilometer dan lebar sejauh lima kilometer yang terbelah selama empat jam," kata mereka di dalam Jurnal Perpustakaan Umum Ilmu Pengetahuan, PloS ONE.

"Masyarakat telah dibuat kagum atas cerita pembelahan laut itu, membayangkan bahwa hal itu terjadi secara nyata," kata Drew menambahkan bahwa penelitian ini menjelaskan tentang pembelahan laut tersebut berdasarkan hukum fisika.


Sumber : http://id.news.yahoo.com

Baca Selengkapnya...

6.23.2010

Baca Kitab Kuning

TIPS-TRIK BACA KITAB KUNING


video: Uji Praktikum Baca Kitab di MAN Tambakberas Jombang 20 Juni 2010


Siapa yang ingin mengunduh mutiara, mesti harus menyelam. Untuk bisa membaca kitab gundul/kuning dengan cepat mestilah dengan usaha yang maksimal pula. Memang susah-susah mudah. Mengapa ana katakan susah-susah mudah? Sebab semuanya kembali pada:
  1. Kehendak-Nya yang memudahkan kita untuk cepat paham atau kehendak-Nya yang membuat kita sulit paham.
  2. kemudian metode atau cara kita mempelajarinya.
Para thalibul ilmi yang duduk dibangku pendidikan formal saja banyak yang kesulitan , apalagi yang diluar itu (walau tidak semua bahkan ada yang lebih Allah mudahkan). Memang bahasa Arab itu sangat komplek dan lengkap gramatikalnya apalagi jika kita mempelajarinya loncat-loncat tidak sistematis. Karena kesempurnaannya maka Allah menjadikan bahasa ini sebagai bahasa pengantar Al-Qur’an dan di dalamnya Allah telah memudahkan bagi siapa saja yang ingin mempelajarinya. Allah berfirman:
Dan sesungguhnya telah Kami mudahkan Al-Quran untuk pelajaran, maka adakah orang yang mengambil pelajaran?�(Al-Qamar: 17)

Aslinya, bahasa Arab itu sulit tapi Allah mudahkan, Allah telah mudahkan bagi kita dan Allah mudahkan bagi siapa saja yang Dia kehendaki. Bandingkan dengan bahasa Inggris, apalagi Jepang dan Mandarin yang lebih sulit dan tidak ada jaminan dari Allah untuk memudahkannya tapi ramai peminatnya.
Tips-tips ini semoga bermanfaat bagi antum yang belajar lewat jalur non formal seperti ana, tapi insya Allah juga bermanfaat bagi antum yang duduk di jalur formal.
  1. Selalu luruskan niat.
  2. Ini yang paling penting dan terpenting, sebab jika pondasinya tidak kokoh maka dikawatirkan akan merusak dunia dan agama sebagaimana sabda Nabi saw:
  3. "Tidaklah dua ekor serigala kelaparan di giring kepada satu domba lebih merusak daripada kerakusan seseorang pada agama untuk tujuan kemuliaan dirinya (dimata manusia)". (Tirmidzi)
  4. Belajar hanya untuk mencari ridha Allah.
  5. Cita-cita dan tekad baja.
Kemauan seseorang ada beberapa tingkatan, yaitu:
  • Khathir: yaitu kilasan kemauan, belum ada cita-cita yang kuat
  • Taradud: yaitu kemauan yang penuh keragu-raguaan antara ya atau tidak
  • Ham: yaitu cita-cita yang kuat tapi indikasinya belum terlihat jelas
  • Azzam: yaitu cita-cita disertai tekad baja yang indikasinya bisa terlihat pada tindakan
Harus memiliki Ham dulu, mantapkan dalam hati dengan doa yang kuat, semoga Allah karuniakan fadhilah ini kepada kita dan mudahkan. Kemudian jadikan ham tersebut menjadi azzam. Beli buku-buku, kursus, kuliah atau ke pesantren merupakan indikasi dari azzamnya.
Jika belajarnya hanya dengan khathir atau taradud saja, ya… tidak akan bisa.
Istiqamah
Ketidakistiqamahan biasanya dari beberapa sebab;
  • Dari diri sendiri, karena malas, putus semangat, salah niat dsb
  • Dari metode atau muallimnya. Jika memang dari hal ini maka sebaiknya komunikasikan dengan muallim
Baca sebanyak-banyaknya referensi
Semakin banyak buku panduannya insya Allah akan mumdahkan kita untuk memahami materi, sebab adakalanya pembahasan di buku lain lebih mudah dicerna dan saling melengkapi.
Pahami dahulu baru hafalkan
Banyak-banyak praktek
Praktek ini sangat menentukan sekali sebab kita akan dipaksa untuk mengulang pelajaran-pelajaran yang telah dipelajari walaupun praktek ini memerlukan kesabaran, keuletan dan ketekunan tinggi. Sebab bisa jadi untuk membaca 1 baris saja memerlukan waktu 1 jam apalagi jika kosa katanya harus cari satu persatu dalam kamus.
Praktek ini ada tiga cara:
  • Praktek sendiri tanpa bimbingan
  • Praktek dengan pendampingan orang yang lebih ahli
  • Ikut kajian kitab
Kesadaran bukan semangat
Belajar atau bekerja hanya berlandaskan semangat belaka akan luntur tatkala kesemangatan luluh. Jadi belajar dengan kesadaran, kesadaran akan pentingnya serta hukum wajibnya memepelajari bahasa Arab.
Ajarkan pada orang lain
Dengan mengajarkan kepada orang lain, ilmu kita akan bertambah justru seringkali kita paham akan suatu bab tatkala hendak mengajarkan pada orang lain.
Berdoa sungguh-sungguh
Fa izda azamta fatawakal alallah
Demikian semoga bermanfaat.

Sumber : http://alghaits.wordpress.com
Baca Selengkapnya...

6.19.2010

Nilai UKK 2010 Genap

HASIL ULANGAN KENAIKAN KELAS (UKK)
TEKNOLOGI INFORMASI KELAS XI
MAN TAMBAKBERAS JOMBANG
2009/2010

Baca Selengkapnya...

6.10.2010

Bidikan Gambar


Kita punya teman bernama fotografi, teman sempurna dalam berpergian, dinas ke daerah, ziarah, piknik, mudik atau mendaki bukit. Fotografi bikin kita percaya diri jelajahi tempat yang kita kunjungi, orang-orang yang kita jumpai; fotografi bikin perjalanan jadi lebih berarti, dan bersamanya kita nikmati asyiknya mencintai seni. Fotografi membuat kita lebih bersyukur atas anugerah penglihatan dan kesempatan melihat tanda-tanda keagungan Ilahi. Nikmat yang tak dapat diukur dan ditakar.

Fotografi menjadi alasan kuat untuk aktivitas kita, pergi mengunjungi berbagai tempat yang sebelumnya tak punya niat, pulang telat, membeli alat, dst. Hasrat membara untuk dapatkan bidikan yang mantap mendorong kita bersusah payah mengeksplore sebuah tempat hingga semak belukar, memutar-mutari apa yang akan kita ambil gambarnya, mencari-cari sudut pengambilan untuk menemukan keunikan dan keindahan yang tak terlupakan, kadang pencarian ini juga beresiko fatal jika tidak dilakukan dengan hati-hati dan perhitungan nalar.


Menemukan viewpoint terbaik adalah perisitiwa besar, jantung anda berdebar, lama mata anda menatapnya dengan berbinar, anda mungkin berpikir, apakah ini waktu yang tepat untuk mengambil gambar, anda mungkin akan mendirikan tenda dan menunggu moment terbaik dari waktu ke waktu, dari fajar hingga asar, dari Maret hingga Desember. Anda menjadi seorang yang ulet dan sabar.

Ketika anda menekan shutter release, anda mengikat sebuah jalinan pribadi yang manis dengan tempat dan orang-orangnya. Anda di sana . Fotografi melindungi kenangan perjumpaan anda dengan apa yang ada di dalamnya. Lalu kita perlihatkan kepada yang lain tentang tempat dan suasana yang menarik di mana kita pernah di sana , pemandangan yang menakjubkan, orang-orang yang mengagumkan. Jiwa anda pun tergambar.

Gambar-gambar suka mempengaruhi pikiran kita, suka menggoda kita, memaksa kita untuk bermain di dalamnya atau berimajinasi dengannya. Foto-foto yang kita buat dapat mendorong orang lain untuk ingin mengalami sendiri keindahan atau keasyikan yang disajikan foto tersebut. Tentu saja, foto pemandangan yang indah dan model yang seksi akan membangkitkan keinginan dan imajinasi yang berbeda. Keinginan yang timbul tanpa sadar.

Untungnya, bagus tak perlu mahal, foto bagus bisa dibuat dengan peralatan minimalis dan sedikit pengetahuan data teknis. Rahasianya adalah melihat secara artistik dan kritis. The art of seeing. Bisikanlah pertanyaan ini di dalam hati: Apa yang saya lihat, dan bagaimana saya melihatnya? Sebuah foto bagus punya kualitas yang menunjukkan keahlian, rasa seni, ketertarikan, dan kepribadian dari fotografernya. Maka kita bisa tahu foto bagus siapa. Tapi tak bisa tahu foto jelek siapa, tanya kenapa?
Baca Selengkapnya...
 

Kunjungan

Aktifitas

Uzy Ibni Muhammad Copyright © 2009 WoodMag is Designed by Ipietoon for Free Blogger Template