9.02.2009

Pengertian Nilai

A. PENGERTIAN NILAI
Nilai adalah sesuatu yang berharga, bermutu, menunjukkan kualitas, dan berguna
bagi manusia. Sesuatu itu bernilai berarti sesuatu itu berharga atau berguna
bagi kehidupan manusia.
Adanya dua macam nilai tersebut sejalan dengan penegasan pancasila sebagai ideologi terbuka. Perumusan pancasila sebagai dalam pembukaan UUD 1945. Alinea 4 dinyatakan sebagai nilai dasar dan penjabarannya sebagai nilai instrumental. Nilai dasar tidak berubah dan tidak boleh diubah lagi. Betapapun pentingnya nilai dasar yang tercantum dalam pembukaan UUD 1945 itu, sifatnya belum operasional. Artinya kita belum dapat menjabarkannya secara langsung dalam kehidupan sehari-hari. Penjelasan UUD 1945 sendiri menunjuk adanya undang-undang sebagai pelaksanaan hukum dasar tertulis itu. Nilai-nilai dasar yang terkandung dalam pembukaan UUD 1945 itu memerlukan penjabaran lebih lanjut. Penjabaran itu sebagai arahan untuk kehidupan nyata. Penjabaran itu kemudian dinamakan Nilai Instrumental.

Nilai Instrumental harus tetap mengacu kepada nilai-nilai dasar yang dijabarkannya Penjabaran itu bisa dilakukan secara kreatif dan dinamis dalam bentuk-bentuk baru untuk mewujudkan semangat yang sama dan dalam batas-batasyang dimungkinkan oleh nilai dasar itu. Penjabaran itu jelas tidak boleh bertentangan dengan nilai-nilai dasarnya.

B. CIRI-CIRI NILAI
Sifat-sifat nilai menurut Bambang Daroeso (1986) adalah Sebagai berikut.
a. Nilai itu suatu realitas abstrak dan ada dalam kehidupan manusia. Nilai yang bersifat abstrak tidak dapat diindra. Hal yang dapat diamati hanyalah objek yang bernilai itu. Misalnya, orang yang memiliki kejujuran. Kejujuran adalah nilai,tetapi kita tidak bisa mengindra kejujuran itu. Yang dapat kita indra adalah kejujuran itu.
b. Nilai memiliki sifat normatif, artinya nilai mengandung harapan, cita-cita, dan suatu keharusan sehingga nilai nemiliki sifat ideal (das sollen). Nilai diwujudkan dalam bentuk norma sebagai landasan manusia dalam bertindak. Misalnya, nilai keadilan. Semua orang berharap dan mendapatkan dan berperilaku yang mencerminkan nilai keadilan.
c. Nilai berfungsi sebagai daya dorong/motivator dan manusia adalah pendukung nilai. Manusia bertindak berdasar dan didorong oleh nilai yang diyakininya.Misalnya, nilai ketakwaan. Adanya nilai ini menjadikan semua orang terdorong untuk bisa mencapai derajat ketakwaan.

C. MACAM-MACAM NILAI
Dalam filsafat, nilai dibedakan dalam tiga macam, yaitu
a. Nilai logika adalah nilai benar salah.
b. Nilai estetika adalah nilai indah tidak indah.
c. Nilai etika/moral adalah nilai baik buruk.
Berdasarkan klasifikasi di atas, kita dapat memberikan contoh dalam kehidupan. Jika seorang siswa dapat menjawab suatu pertanyaan, ia benar secara logika. Apabila ia keliru dalam menjawab, kita katakan salah. Kita tidak bisa mengatakan siswa itu buruk karena jawabanya salah. Buruk adalah nilai moral sehingga bukan pada tempatnya kita mengatakan demikian. Contoh nilai estetika adalah apabila kita melihat suatu pemandangan, menonton sebuah pentas pertunjukan, atau merasakan makanan, nilai estetika bersifat subjektif pada diri yang bersangkutan. Seseorang akan merasa senang dengan melihat sebuah lukisan yang menurutnya sangat indah, tetapi orang lain mungkin tidak suka dengan lukisan itu. Kita tidak bisa memaksakan bahwa luikisan itu
indah.
Nilai moral adalah suatu bagian dari nilai, yaitu nilai yang menangani kelakuan
baik atau buruk dari manusia.moral selalu berhubungan dengan nilai, tetapi tidak
semua nilai adalah nilai moral. Moral berhubungan dengan kelakuan atau tindakan
manusia. Nilai moral inilah yang lebih terkait dengan tingkah laku kehidupan
kita sehari-hari.
Notonegoro dalam Kaelan (2000) menyebutkan adanya 3 macam nilai. Ketiga nilai
itu adalah sebagai berikut :
a. Nilai material, yaitu segala sesuatu yang berguna bagi kehidupan jasmani manusia atau kebutuhan ragawi manusia.
b. Nilai vital, yaitu segala sesuatu yang berguna bagi manusia untuk dapat mengadakan kegiatan atau aktivitas.
c. Nilai kerohanian, yaitu segala sesuatu yang berguna bagi rohani manusia. Nilai kerohanian meliputi
1) Nilai kebenaran yang bersumber pada akal (rasio, budi, cipta) manusia.
2) Nilai keindahan atau nilai estetis yang bersumber pada unsur perasaan(emotion) manusia.
3) Nilai kebaikan atau nilai moral yang bersumber pada unsur kehendak (karsa,Will) manusia.
Nilai religius yang merupakan nilai keohanian tertinggi dan mutlak serta bersumber pada kepercayaan atau keyakinan manusia.




Baca Selengkapnya...

Pancasila

A. Kegunaan Filsafat dan filsafat Pancasila
Kegunaan teoritik bahwa dengan mempelajari filsafat orang bertambah pengetahuanya.bahkan ia mampu mempelajari segala sesuatu dengan cara yang baik.mendalam dan lebih luas.
Bagi bangsa Indonesia , filsafat Pancasila sangat berguna, selain manusia sebagai perseorangan juga sebagai warga suatu masyarakat bangsa mendukung cita-cita ataupun tujuan nasional, karena filsafat pancasila adalah landasan dasarnya, juga landasan dasar berpikir segenap bangsa dan negara Indonesia.

B. Filsafat Hidup Bangsa Indonesia
Filsafat Pancasila mempunyai fungsi dan peranan sebagai pedoman dan pegangan dalam sikap, tangkah laku, dan perbuatan, dalam kehidupan sehari-hari, dan kehidupan masyarakat, berbangsa, dan bernegara.
Sebelum pancasila menjadi dasar filsafat hiddup bangsa, yaitu
sebelum tanggal 18 agustus 1945 pancasila menjadi nilai luhur budaya bangsa indonisia yang kita kenal sebagai sifat-sifat,teposeliro(suka bekerja keras) tepotulodo(tlong menolong atau gotong royong) dan tepopalupi peduli kasih).
Pancasila sebagai filsafat hidup bangsa tumbuh dan berkembang bersamaan dengan tumbuh dan berkembangnya bangsa Indonesia. Pancasila yang merupakan filsafat hidup bangsa Indonesia yang mengandung nilai-nilai dasar yang di junjung tinggi oleh bangsa Indonesia. Nilai dasar yang di maksud adalah nilai ketuhanan,nilai kemanusian,nilai persatuan,nilai kerakyatan, dan nilai keadilan social,yang urutanya termuat dalam alenia IV pembukaan UUD 1945).

C. Pancasila Sebagai Suatu Sistem Moral dan Etiket
Moral dan etika sangat berkaitan dengan nilai tatanan ataupun nilai norma yang berlaku dalam kehidupan masyarakat, yang menjadi ukuran menilai manusia untuk berbuat dan bertingkah laku.
Menurut Prof. Drs.Notonaggoro S.H dalam bukunya(1974) filsafat dasar neggara menyebutkan nilai di bagi menjadi tiga bagian yaitu:
a. Nilai material,yaitu segala yang berguna bagi unsur jasmani manusia;
b. Nilai vital, yaitu segala sesuatu yang berguna bagi manusia untuk dapat melakukan kegiatan atau aktivitas.
c. Nilai kerohanian,yaitu, segala sesuatu yang berguna bagi rohani manusia.
Lebih lanjut dapat dikemukakan bahwa nilai moral dan etika dalam arti system pancasila adalah nilai-nilai yang bersumber kepada kehendak atau kemauan manusia untuk berbuat sesuatu, tetapi berlandaskan kepada unsur kemauan kemauan yang baik dan positif, di samping adanya unsur pembenar perbuatan yang bersumber kepada ratio atau akal manusia.

D. Pancasila sebagai Dasar Negara
Konsep Pancasila sebagai asar negara di ajukan oleh Ir. Soekarno dalam pidatonya di hari terakhir siding pertama BPUPKI tanggal 1 juni 1945, yang isinya untuk menjadikan Pancasila sebagai dasar falsafah negara atau filosophischegrondslag bagi mnegara Indopnesia merdeka.

E. Pancasila sebagai Suatu Ideologi
Istilah ideology untuk pertama kali dicetuskan oleh seorang filsuf Prancis bernama Antoine Destut De Tracy (1796) sebagai ilmu tentang pikirsan manusia yang mampu menunjukan arah yang benar kea rah masa depan.
Ideologi secara terdiri atas dua kata, yaitu idea dan logos. Idea memiliki arti gagasan atau cita-cita juiga pandangan, sedangkan logos diartikan sebagai ilmu ataupun ratio. Ideologi dapat diartikan cita-cita atau pandangan yang berdasarka kepada ratio, esdangkan idweologi suatu bangsa adalah ideology yang mandukung tercapainya tujuan hidup atau tujuan nasional suatu bangsa.

1. Ideologi Bangsa Indonesia
Bangsa dan negara RI dengan ideologi Pancasila meiliki cita-cita atau pandangan dalam mendukung tercapainya tujuan nasional negara RI.
Idiologi pancasila memiliki berbagai aspek, baik berupa cita-cita pemikiran atau nilai-nilai maupun norma yang baik dapat di realisasikan dalam kehidupan praksis dan bersifat terbuka dengan memiliki tiga dimensi yaitu:
a. Dimensi idialis artinya nilai-nilai dasar dari pancasila memilikiu sifat yang sistematis,juga rasional dan bersifat menyeluruh.
b. Dimensi normatis merupakan nilai-nilai yang terrkandung dalam sila pancasila yang perlu di jabarkan kedalam system norma sehingga tersirat dan tersurat dalam norma-norma negara.
c. Dimensi realistis adalah nilai-nilai pancasila yang di maksud di atas harus mampu memberikan pencerminan atas realitas yang hidup dan berkembang dalam penyelenggaraan negara.
Pancasila sebagai ideologi bangsa Indonesia memiliki perbedaan dengan sistem kapitalisme-liberal maupun sosialisme-komunis. Pancasila mengakui dan melindungi baik hak-hak individu maupun hak masyarakat baik di bidang ekonomi maupun politik. Dengan demikian ideologi kita mengakui secara selaras baik kolektivisme maupun individualisme. Demokrasi yang dikembangkan, bukan demokrasi politik semata seperti dalam ideologi liberal-kapitalis, tetapi juga demokrasi ekonomi. Dalam sistem kapitalisme liberal dasar perekonomian bukan usaha bersama dan kekeluargaan, namun kebebasan individual untuk berusaha. Sedangkan dalam sistem etatisme, negara yang mendominasi perekonomian, bukan warga negara baik sebagai individu maupun bersama-sama dengan warga negara lainnya




Baca Selengkapnya...

8.26.2009

Ulangan Harian Jaringan Komputer

MADRASAH ALIYAH NEGERI TAMBAKBERAS JOMBANG
MATA PELAJARAN : TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI
KELAS/SEMESTER : XI/1
BULAN : SEPTEMBER 2009



1. Jelaskan dengan tepat istilah dari jaringan di bawah ini :
a. Jaringan Komputer
b. Jaringan Internet
c. Jaringan Intranet
d. Jaringan Telepon

2. Apa yang anda ketahui tentang jaringan komputer dan kenapa jaringan komputer saat ini diperlukan ?

3. Sebutkan dan jelaskan beberapa hal yang sangat penting untuk diketahui dalam membangun suatu jaringan komputer.

4. Sebutkan 4 (empat) sisi negatif dan positif penggunaan internet dalam kalangan remaja !

5. Jelaskan dengan tepat istilah yang ada dalam dunia internet di bawah ini :
a. Download
b. Hosting
c. Browsing
d. HTML

6. Apa perbedaan dari kabel UTP dengan Coaxial

7. Jelaskan apa yang dimaksud dengan jaringan LAN, MAN dan WAN !

8. Sebutkan 5 perangkat keras jaringan dan jelaskan secara rinci satu persatu !

9. Apakah fungsi HUB dalam jaringan !

10. Sebutkan topologi jaringan dan jelaskan kelemahan dan keuntungan dari masing-masing topologi tersebut !

Jawaban di tulis dalam bentuk file format doc.
cantumkan : Nama Lengkap, No. Induk dan Kelas
Jawaban di kirim lewat e-mail :
tikmantab@yahoo.co.id atau tikmantab@gmail.com
paling lambat tanggal 17 September 2009
selamat mengerjakan dan berselancar di dunia maya

Baca Selengkapnya...

7.11.2009

Si Dia Berbohong? Ini Dia Tanda - Tandanya


Memang menyebalkan kalau kita dibohongi oleh pasangan kita. Rasanya curiga tapi nggak yakin apa dia bohong atau jujur terhadap kita..Lalu bagaimana cara untuk mendeteksi apakah si dia sedang berbohong? Berikut ini beberapa bahasa tubuh yang mengidentifikasikan kalau si dia sedang berbohong.

Pandangan mata
Cobalah tatap matanya tatap matanya saat bicara kalau dia bohong biasanya dia tidak berani menatap langsung dan memalingkan wajahnya kearah lain. Tapi ada juga sinyal lainnya seperti menggaruk atau mengusap matanya sekilas. Karena adanya insting untuk membuang tatapan matanya. Patut dicurigai juga jika kamu meminta penjelasan darinya dan dia menjawab pertanyaanmu sambil menaikkan alis matanya seperti ingin meyakinkanmu untuk percaya padanya.

Terlalu detail
Ketika kamu bertanya padanya “Kamu darimana saja?” Dan ia menjawab “Aku tadi habis dari toko buku di jalan X. Habis beli buku buat tugas mata kuliah ekonomi. Hampir saja aku terjatuh tadi Kakiku jadi terkilir sedikit. Ramai sekali disana banyak diskon jadi aku harus mengantri lama banget deh.”

Jika jawaban dia terlalu detail bisa jadi dia sedang sedang berpikir mencari alasan kebohongan dengan pemikiran yang terlalu rinci.


Bicara cepat dan tidak jelas
Perhatikan kecepatan bicaranya. Jika setelah ditanya dia menjawab pertanyaan dengan cepat dan seperti ingin buru buru menyelesaikan percakapan.

Tiba – tiba memuji
Ketika kamu tanya tiba tiba dia malah memuji penampilanmu mmhh.. curigalah jika dia tiba-tiba memuji disaat yang tidak tepat siapa tahu dia sedang berusaha mengalihkan arah pembicaraan.

Tidak konsisten saat berbicara
Jika kamu menanyakan pertanyaan yang sama secara berulang-ulang dan jawaban dia berubah-ubah wah itu merupakan sinyal bahwa dia sedang berbohong karena biasanya orang yang berbohong cenderung tidak konsisten terhadap apa yang dia katakan dan menciptakan kebohongan baru untuk menutupi kebohongan awalnya.

Bahasa tubuh yang aneh
Perhatikanlah gerak gerik tubuhnya apabila dia tiba tiba terlihat grogi menggaruk hidungnya padahal tidak gatal memegang lehernya meremas tangannya memainkan rambutnya atau membenahi bajunya padahal nggak ada yang salah dengan bajunya. Hal tersebut merupakan sinyal bahwa si dia sedang grogi dan tidak merasa nyaman dengan apa yang sedang dia bicarakan karena dia berbohong. (noe/noe)

sumber : http://www.bergaul.com

Baca Selengkapnya...

6.10.2009

Pengumuman UN SMA/MA 2009

PENGUMUMAN UJIAN NASIONAL
MAN TAMBAKBERAS JOMBANG
TAHUN PELAJARAN 2009/2010





Pengumuman Ujian Nasional 2009 MAN Tambakberas Jombang, Tahun Pelajaran 2009/2010

Program BAHASA
Program IPA
Program IPS

Sumber : MAN Tambakberas


al_hamdulillah
sujud syukur ke hadirat illahi robby,,,,, MAN Tambakberas Jombang,,,,,,,
LULUS 100%


Alhamdulillah,,,,,,,,,,,,,,,,,,,



Baca Selengkapnya...

6.01.2009

Silabus PKn SMA

Mata Pelajaran Kewarganeganegaraan telah mengalami revitalisasi dari masa ke masa. Sebelum mata pelajaran pendidikan Kewargaan Negara, kita pernah mengenal Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) pada kurikulum 1994, Pendidikan Moral Pancasila (PMP) pada kurikulum 1984, PKN pada kurikulum 1973.
Civics tahun 1962 yang tampil dalam bentuk indoktrinasi politik; civics tahun 1968 sebagai unsur dari pendidikan kewargaan negara yang bernuansa pendidikan ilmu pengetahuan sosial; PKN tahun 1969 yang tampil dalam bentuk pengajaran konstitusi dan ketetapan MPRS; PKN tahun 1973 yang diidentikkan dengan pengajaran IPS; PMP tahun 1975 dan 1984 yang tampil menggantikan PKN dengan isi pembahasan P4; dan PPKn 1994 sebagai penggabungan bahan kajian Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan yang tampil dalam bentuk pengajaran konsep nilai yang disaripatikan dari Pancasila dan P4. Krisis operasional tercermin dalam terjadinya perubahan isi dan format buku pelajaran, penataran guru yang tidak artikulatif, dan fenomena kelas yang belum banyak bergeser dari penekanan pada proses kognitif memorisasi fakta dan konsep. (Prodi Pend. Kewarganegaraan Sekolah Pascasarjana UPI)


1. Kelas X SMA

1. Standar Kompetensi
  • Memahami hakikat bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)
  • Kompetensi Dasar:
  • Mendeskripsikan hakikat bangsa dan unsur-unsur terbentuknya negara
  • Mendeskripsikan hakikat negara dan bentuk-bentuk kenegaraan
  • Menjelaskan pengertian, fungsi dan tujuan NKRI
  • Menunjukkan semangat kebangsaan, nasionalisme dan patriotisme dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara
Latihan Soal

2. Standar Kompetensi
  • Menampilkan sikap positif terhadap sistem hukum dan peradilan nasional
  • Kompetensi Dasar:
  • Mendeskripsikan pengertian sistem hukum dan peradilan nasional
  • Menganalisis peranan lembaga-lembaga peradilan
  • Menunjukkan sikap yang sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku
  • Menganalisis upaya pemberantasan korupsi di Indonesia
  • Menampilkan peran serta dalam upaya pemberantasan korupsi di Indonesia
Latihan Soal

3. Standar Kompetensi
  • Menampilkan peran serta dalam upaya pemajuan, penghormatan dan perlindungan Hak Asasi Manusia (HAM)
  • Kompetensi Dasar:
  • Menganalisis upaya pemajuan, penghormatan, dan penegakan HAM
  • Menampilkan peran serta dalam upaya pemajuan, penghormatan, dan penegakan HAM di Indonesia
  • Mendeskripsikan instrumen hukum dan peradilan internasional HAM
Latihan Soal

4. Standar Kompetensi
  • Menganalisis hubungan dasar negara dengan konstitusi
  • Kompetensi Dasar:
  • Mendeskripsikan hubungan dasar negara dengan konstitusi
  • Menganalisis substansi konstitusi negara
  • Menganalisis kedudukan pembukaan UUD 1945 Negara Kesatuan Republik Indonesia
  • Menunjukkan sikap positif terhadap konstitusi negara
Latihan Soal

5. Standar Kompetensi
  • Menghargai persamaan kedudukan warga negara dalam berbagai aspek kehidupan
  • Kompetensi Dasar:
  • Mendeskripsikan kedudukan warga negara dan pewarganegaraan di Indonesia
  • Menganalisis persamaan kedudukan warga negara dalam kehidupan bermasyarakat,berbangsa dan negara
  • Menghargai persamaan kedudukan warga negara tanpa membedakan ras, agama, gender, golongan, budaya, dan suku
Latihan Soal

6. Standar Kompetensi
  • Menganalisis sistem politik di Indonesia
  • Kompetensi Dasar:
  • Mendeskripsikan supra struktur dan infra struktur politik di Indonesia
  • Mendeskripsikan perbedaan sistem politik di berbagai negara
  • Menampilkan peran serta dalam sistem politik di Indonesia
Latihan Soal

2. Kelas XI SMA

1. Standar Kompetensi
Menganalisis budaya politik di Indonesia
Kompetensi Dasar:
  • Mendeskripsikan pengertian budaya politik
  • Menganalisis tipe-tipe budaya politik yang berkembang dalam masyarakat Indonesia
  • Mendeksripsikan pentingnya sosialisasi pengembangan budaya politik
  • Menampilkan peran serta budaya politik partisipan
Latihan Soal

2. Standar Kompetensi
Menganalisis budaya demokrasi menuju masyarakat madani
Kompetensi Dasar:
  • Mendeskripsikan pengertian dan prinsip-prinsip budaya demokrasi
  • Mengidentifikasi ciri-ciri masyarakat madani
  • Menganalisis pelaksanaan demokrasi di Indonesia sejak orde lama, orde baru dan reformasi
  • Menampilkan perilaku budaya demokrasi dalam kehidupan sehari-hari
Latihan Soal

3. Standar Kompetensi
Menampilkan sikap keterbukaan dan keadilan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
Kompetensi Dasar:
  • Mendeskripsikan penegrtian dan pentingnya keterbukaan dan keadilan dalam kehiudpan berbangsa dan bernegara
  • Menganalisis dampak penyelenggaraan pemerintahan yang tidak transparan
  • Menunjukkan sikap keterbukaan dan keadilan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara


4. Standar Kompetensi
Menganalisis hubungan internasional dan organisasi internasional
Kompetensi Dasar:
  • Mendeskripsikan penegrtian, pentingnya dan sarana-sarana hubungan internasional bagi suatu negara
  • Menjelaskan tahap-tahap perjanjian internasional
  • Menganalisis fungsi perwakilan diplomatik
  • Mengkaji peranan organisasi internasional (ASEAN, AA, PBB) dalam meningkatkan hubungan internasional
  • Menghargai kerjasama dan perjanjian internasional yang bermanfaat bagi Indonesia
Latihan Soal

5. Standar Kompetensi
Menganalisis sistem hukum dan peradilan internasional
Kompetensi Dasar:
  • Mendeskripsikan sistem hukum dan peradilan internasional
  • Menjelaskan penyebab timbulnya sengketa internasional dan cara penyeelsaian oleh Mahkamah Internasional
  • Menghargai putusan Mahkamah Internasional
Latihan Soal

3. Kelas XII SMA

1. Standar Kompetensi
Menampilkan sikap positif terhadap Pancasila sebagai ideologi terbuka
Kompetensi Dasar:
  • Mendeskripsikan Pancasila sebagai ideologi terbuka
  • Menganalisis Pancasila sebagai sumber nilai dan paradigma pembangunan
  • Menampilkan sikap positif terhadap Pancasila sebagai ideologi terbuka

2. Standar Kompetensi
Mengevaluasi berbagai sistem pemerintahan
Kompetensi Dasar:
  • Menganalisis sistem pemerintahan di berbagai negara
  • Menganalisis pelaksanaan sistem pemerintahan Negara Indonesia
  • Membandingkan pelaksanaan sistem pemerintahan yang berlaku di Indonesia dengan negara lain
Latihan Soal

3. Standar Kompetensi
Mengevaluasi peranan pers dalam masyarakat demokrasi
Kompetensi Dasar:
  • Mendeskripsikan pengertian, fungsi dan peran serta perkembangan pers di Indonesia
  • Menganalisis pers yang bebas dan bertanggung jawab sesuai kode etik jurnalistik dalam masyarakat demokratis di Indonesia
  • Mengevaluasi kebebasan pers dan dampak penyalahgunaan kebebasan media massa dalam masyarakat demokratis di Indonesia
Latihan Soal

4. Standar Kompetensi
Mengevaluasi dampak globalisasi
Kompetensi Dasar:
  • Mendeskripsikan proses, aspek, dan dampak globalisasi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
  • Mengevaluasi pengaruh globalisasi terhadap kehidupan Bangsa dan Negara Indonesia
  • Menentukan sikap terhadap pengaruh dan implikasi globalisasi terhadap Bangsa dan Negara Indonesia
  • Mempresentasikan tulisan tentang pengaruh globalisasi terhadap Bangsa dan Negara Indonesia
Latihan Soal



Baca Selengkapnya...

5.22.2009

Santri Facebook atau Facebook Santri

Jejaring sosial di dunia maya emang udah merambah segala lini kehidupan manusia di bumi, engga hanya facebook, friendster, dan situs-situs laen penyedia jejaring sosial. Sehingga menyulut kekhawatiran sekira 700 tokoh muslim di Surabaya, Jawa Timur untuk segera mengeluarkan fatwa terhadap Facebook. Mereka menilai menjamurnya jejaring sosial tersebut dirasa akan memberikan dampak negatif bagi umat Muslim di Indonesia, dan dapat digunakan untuk transaksi seks terselubung. Sesuai ajaran muslim, cara mengantisipasi dari hal yang tidak diinginkan, pihak pesantren masih memperbolehkan para siswanya terdaftar sebagai pengguna Facebook, namun dengan batasan penyaringan dari situs yang berbau porno atau yang mengundang syahwat birahi. (klik disini)
gimana nih tanggapan bos facebook sendiri : Debbie Frost menyatakan, keberadaan situs pertemanan itu adalah jejaring sosial maya yang memudahkan para penggunanya untuk selalu berkomunikasi dan berhubungan satu sama lain, dalam agenda yang positif.

Haruskan Santri HARAM sebagai pengguna FACEBOOK........
Dalam Islam mengenal Hadharah dan Madaniyyah,
Hadharah adalah sekumpulan ide, keyakinan, konsep yang muncul dari ideologi tertentu, atau merupakan derivasi dari pandangan hidup, Sedangkan iptek itu termasuk madaniyah 'aam yang bebas nilai. Termasuk internet dan segala aplikasinya. Kalau pun dianggap haram, yang lebih tepat adalah ide, gagasan atau tindakan (hadharah) yang menciptakan aplikasi internet itu, bukan internetnya sendiri.
Nah bagaimana dengan santri, santri dan pondok pesantren........
Lebih efektif jika wacananya diarahkan kepada tindakan orang dan policy-nya yang ada dibalik internet atau aplikasinya. Merasa Facebook banyak mudharatnya? Usulkan policy yang bisa menghilangkan kemudharatan tersebut. Atau buat aplikasi jejaring yang baru yang lebih baik, seperti http://muxlim.com misalnya. nyo... kita ngumpul2 lewat http://mantambakberas.blogspot.com/ ato di http://mantambakberas.com/
sumber : http://politikana.com
المحافظة على القديم الصالح والأخد بالجديد الأصلح

Santri Haramkan Penggunaan Berlebihan Jejaring Sosia
l
sumber : antara news

Kediri (ANTARA News) - Forum Musyawarah Pondok Pesantren Putri (FMPP) se-Jawa Timur mengharamkan penggunaan jejaring sosial seperti "friendster" dan "facebook" yang berlebihan.
"Berlebihan itu antara lain jika penggunaannya menjurus pada perbuatan mesum, dan yang tidak bermanfaat," kata Humas FMPP, Nabil Harun di Kediri Jawa Timur Jumat.
Ia mengatakan, penggunaan forum jejaring sosial, seperti, "friendster", "facebook", maupun media komunikasi lainnya, seperti "audio call", "video call", SMS, 3G yang diperbolehkan adalah yang membawa manfaat, seperti dagang, "khitbah" (lamaran), jual-beli, maupun dakwah.
Nabil mengatakan penggunaan jejaring tersebut sudah mengarah pada perilaku mesum, terlihat dari i berbagai gambar dan tulisan yang terpampang.
Nabil mengungkapkan, pengambilan kebijakan mengharamkan penggunaan "facebook" berlebihan itu didasarkan pada Kitab Suci dan Hadis, di antaranya kitab "Bariqah Mahmudiyyah" vol. IV hal. 7, Ihya "Ulumuddin" vol. III hal. 99, "I`anatut Thalibin" vol. III hal. 260, serta beberapa landasan kitab lainnya.
"Dalam mengambil kebijakan, kami tidak main-main, karena kami juga berdasakan kitab dan Quran," katanya.
Ia juga menjelaskan pengambilan keputusan tersebut berbeda dengan pengambilan keputusan lembaga lainnya yang juga mengadakan "bahtsul masail" dan biasanya dilakukan dengan suara terbanyak.
"Sementara keputusan forum tersebut dengan kata musyawarah mufakat. Jika memang tidak ada keputusan, akan dibahas di forum tertinggi," katanya mengungkapkan.

Dalam pengambilan keputusan tersebut, Nabil menjelaskan, forum selalu diawasi dengan perumus, yang dilanjutkan dilanjutkan dengan keputusan "musyahih" (untuk mensahkan).
Forum Musyawarah Pondok Pesantren Putri (FMPP) se-Jawa Timur XI di Pondok Pesantren Putri Hidayatul Mubtadi-aat Lirboyo, Kota Kediri tersebut, diikuti sekitar 700 santri.
Dalam forum tersebut dibahas sebanyak delapan hal, mulai dari jejaring sosial, pro kontra Ponari, dilema perempuan di masa "iddah" (menunggu setelah suami meninggal), dan beberapa bahan lainnya.
Hadir dalam kegiatan tersebut, para perumus dan musyahih, di antaranya K.H. Atoillah S. Anwar dari Lirboyo, Kediri, K.H. Abdul Muid dari Robithoh Maahid Islamiyah (RMI), K.H. Sunandi dari Banyuwangi, serta beberapa kiai lainnya. (*)


Baca Selengkapnya...

5.17.2009

Download Gratis Free Blogger Templates

Dibawah ini adalah URL download gratis Blogger Template dan Layout Blogger gratis yang bisa digunakan untuk mengganti Blogger Template standar anda :



Baca Selengkapnya...

4.30.2009

Blog Siswa MAN Tambakberas

Baca Selengkapnya...

4.13.2009

PENGUMUMAN PMDK 2009

PENGUMUMAN HASIL PMDK UIN MALANG
MA NEGERI TAMBAKBERAS
KLIK DISINI
Persyaratan bagi yang diterima KLIK DISINI
  1. 98 AUFAL WIDAD 0921053 Pendidikan Agama Islam
  2. 99 SITI KHODIJAH 0921060 Pendidikan Agama Islam
  3. 100 MAILA AZKA 0921066 Pendidikan Agama Islam
  4. 258 FAIZATUL FAJRIYATI 0921057 Bahasa dan Sastra Arab
  5. 163 NISWATIN FAUZIYAH 0921070 Pendidikan Guru MI
  6. 164 VINA MIFTAHUR RIZKIYAH 0921071
  7. 195 IRMA ROSALINA 0921055 Al-Ahwal Al-Syakhsiyah
  8. 329 LAILATUL MAGFIROH 0921063 Pendidikan Bahasa Arab
  9. 330 FITRI NUR FADHILATUR ROHMAH 0921064 Pendidikan Bahasa Arab
  10. 331 AMALIA ILMIATI 0921067 Pendidikan Bahasa Arab
  11. 466 NIDIYA AZMI 0921048 Biologi
  12. 467 KHOIR IFNAWATI 0921052 Biologi
Pengumuman Hasil PSB UNIVERSITAS BRAWIJAYA
MA Negeri Tambakberas
Klik disini
Pengumuman Daftar Ulang Klik Disini
Biaya Pendidikan Klik Disini
  1. 4097412610 MAULANA FIQI ILHAMI AGRIBISNIS
  2. 4097413216 EKO WAHYUDIRO PETERNAKAN
  3. 4097412729 ANIS LAILI MUFIDAH TEKN HSL PERIKANAN
  4. 4097412623 NUR AVIFAH ILMU KELAUTAN
  5. 4097412658 NOVIA RATNA NURAIDAH SASTRA INGGRIS
  6. 4097412668 ZUHAIRAH ASHIDA SASTRA JEPANG
PENGUMUMAN HASIL PMDK UIN JOGJAKARTA
MA NEGERI TAMBAKBERAS
  1. ZENI MEI PUSTI (Pendidikan Bahasa Arab)
  2. MUAMMAR HASAN (Bahasa Inggris)
  3. AHSANTI (Sastra Arab)
  4. AISIYAH (Keuangan Islam)
PENGUMUMAN HASIL PMDK IAIN SUNAN AMPEL SBY
MA NEGERI TAMBAKBERAS
  1. TULUS SEPTIANA (Syari'ah)
  2. AYU NOVICA PUTRI (Kependidikan Islam PAI)
  3. EKA RISTIANAWATI (Ahwal Mu'ammalah)
  4. Aisiyah (Keuangan Islam)
  5. FAVI ROHMATULLOH (KI-PBA)
  6. FIKA FITROTIN (Tarbiyah PBA)
  7. NISWATUR ROHMAH (PAI)
  8. NURUL HIDAYAH (PAI)
  9. LAILATUS S. (Ahwalu As-Syahsiyah)
  10. SITI KHODIJAH (KI)
  11. SITI KHUSNIAH (PAI)
  12. NOVITA INDAH (Matematika)
  13. SIADI ELISA (
  14. FITRI WAHYUNI (Sosiologi)
  15. SITI MARIA ULFA (
PENGUMUMAN HASIL PMDK UNIVERSITAS SURABAYA (UNESA)
MA NEGERI TAMBAKBERAS
  1. 1091101584; ADI MAULANA RIZKI (Pendidikan Matematika)
  2. 1091101585; MOHAMMAD SHILAHUDDIN KHUMAIDI (Pendidikan Matematika)
  3. 2091103371; MILA AFIFATUL I'ANAH (Sosiologi)
  4. 2091103382; MAZIYATUS SA'IDAH (PKK Tata Boga)
PENGUMUMAN HASIL PMDK UNIVERSITAS MALANG (UM)
MA NEGERI TAMBAKBERAS
Biaya Pendidikan Mahasiswa Baru UM (klik di sini)
  1. 1020096730 NIDIYA AZMI, (Teknologi Pendidikan, Mandiri)
  2. 1020096742 MOCHAMAD WILDASYAFI, (Teknologi Pendidikan, Mandiri)
  3. 1020096753 OKKY SAFIDA DEWI, (Teknologi Pendidikan, Mandiri)
  4. 1020096745 AHMAD BAIDOWI, (Pendidikan Teknik Otomotif, Mandiri)
  5. 1020096741 MOHAMMAD ZAHIR FIKRI, (Seni RUPA)
  6. 1020096738 M NAUFAL AMRILLAH, (Desain Komunikasi Visual)

Baca Selengkapnya...
 

Kunjungan

Aktifitas

Uzy Ibni Muhammad Copyright © 2009 WoodMag is Designed by Ipietoon for Free Blogger Template