11.29.2010

Tips Merawat Laptop

Tulisan yang berhubungan



Laptop merupakan jenis komputer yang mudah dibawa kemana-mana, karena itu kita mesti jaga dengan baik agar tidak cepat rusak yang disebabkan jatuh, terkena benturan, dll. Berikut ini tips-tips yang dapat dilakukan untuk merawat laptop agar awet:

  1. Gunakan laptop dengan hati-hati. Gunakan tas khusus laptop atau softcase untuk melindungi laptop dari goncangan-goncangan yang mungkin terjadi saat membawa laptop. Mengapa harus menggunakan tas khusus laptop? Karena tas ini terdapat busa sehingga akan melindungi laptop dari benda-benda lain yang ada di dalam maupun di luar tas tersebut. Selain itu jangan isi tas laptop dengan barang-barang yang lain sampai penuh agar laptop tidak mengalami tekanan.


  2. Letakkan laptop di tempat yang tepat. Jangan diletakkan di lantai terutama apabila sedang tidak digunakan, karena dapat terinjak. Selain itu, jangan meletakkan laptop di alas yang empuk seperti kasur, bantal, sofa, karena hal itu akan menghalangi sirkulasi udara di sekitar laptop dan menyebabkan panas yang dihasilkan tidak dapat keluar.


  3. Tutuplah laptop apabila tidak digunakan. Tutuplah dengan hati-hati karena engsel laptop sangat rawan kerusakan jika tidak dipergunakan dengan hati-hati.


  4. Jika ingin lebih bagus, dapat digunakan softcase untuk laptop agar permukaan laptop tetap bagus. Tetapi jangan lupa melepasnya apabila akan digunakan agar panas dari laptop dapat keluar. Harga softcase bermacam-macam, mulai sekitar Rp40.000,- sampai Rp100.000,-


  5. Sering-seringlah membersihkan keyboard laptop dengan menggunakan kuas atau vacuum cleaner portable. Untuk lebih amannya dapat digunakan pelindung laptop dari bahan silicon. Harga sekitar Rp25.000,-


  6. Untuk membersihkan layar dapat menggunakan cairan pembersih kaca, tetapi jangan langsung disemprotkan ke layar, karena akan merusak LCD, lebih baik menggunakan lap atau kain yang halus. Untuk lebih bagus lagi, dapat ditambah dengan screen guard/protector. Harganya masih terjangkau sekitar Rp55.000,-.


  7. Untuk menjaga permukaan laptop tetap mulus dan tidak lecet-lecet dapat digunakan skin decor. Selain itu skin decor juga dapat digunakan untuk mempercantik tampilan casing laptop. Ada banyak variasi gambar, ada juga yang transparan. Skin decor ini terdiri dari 2 lapisan yaitu lapisan gambar dan lapisan laminating yang membuat gambar tahan air dan mengkilap. Harganya sekitar Rp50.000,-


  8. Lindungi laptop Anda dari benda-benda yang mengandung medan magnet seperti handphone. Jika kita ingin mengakses internet menggunakan infrared pada handphone, letakkan dengan jarak sekitar 15 cm.


  9. Letakkan laptop pada tempat dengan temperatur yang tepat. Jangan terlalu tinggi atau terlalu rendah. Temperatur yang terlalu tinggi seperti di dalam mobil yang di parkir di bawah sinar matahari akan menyebabkan kerusakan pada baterai maupun bahan material laptop yang terbuat dari plastik. Sedangkan temperatur yang terlalu rendah akan menyebabkan munculnya uap atau embun yang merusaj papan sirkuit laptop. Batas temperatur yang tepat untuk laptop adalah sekitar 5°C – 35°C.




0 komentar:

Poskan Komentar

 

Kunjungan


Aktifitas

Uzy Ibni Muhammad Copyright © 2009 WoodMag is Designed by Ipietoon for Free Blogger Template