12.16.2008

Penerapan Teknolodi Informasi

Tulisan yang berhubungan



PENERAPAN TEKNOLOGI INFORMATIKA
MAN Tambakberas Jombang

1. LOCAL AREA NETWORK
Kelancaran komunikasi dalam sebuah lembaga mutlak diperlukan, komunikasi mempunyai arti luas bukan hanya bercakap-cakap atau berbincang-bincang. MAN Tambakberas dengan pola struktur ruang yang berjumlah besar dan terpisah menjadi alasan untuk dapat menciptakan komunikasi yang lancar, cepat dan tepat. Kebutuhan ini mutlak kami perlukan, maka dengan itu kami membangun jalur komunikasi data Local Area Network (LAN).
Dengan Local area network maka dapat berbagipakai sumber daya komputer antara seorang user dengan user lain. Selain itu dapat juga untuk sharing (berbagi pakai) dokumen pekerjaan dengan user lain. Desain Local area network Man Tambakberas memungkinkan terjadinya transformasi data pada setiap ruang (± 63 ruang).

Dalam pengembangan awal telah kami tempatkan sebuah Komputer Induk Data (server) sebagai pusat dari data dan komputer user (client) yang terdapat dalam setiap ruangan.

Desain Local Area Network MAN Tambakberas Jombang
Penyediaan perangakat lunak yang telah tersedia adalah sebagai berikut :
1. Kabel Unsheidl Twister Pair (UTP) dengan konektor RJ-45, untuk menghubungkan antar komputer dalam beberapa ruang yang terpisah.
2. Terminal (Hub/Switch), kotak terminal yang berfungsi untuk mem-paralel koneksi dari kabel.
3. Wireless Fixed/Wi-Fi (Access Point), untuk menghubungkan komputer yang jauh yang tidak terjangkau dengan kabel melalui gelombang radio.
4. Komputer dengan kualitas baik, sebagai server database dan server internet.
5. Komputer disetiap ruangan, yang sebelumnya memang sudah ada dan tersedia.
2. Layanan Internet
Dalam upaya penggalian informasi melalui teknologi internet, managemen madrasah telah menghadirkan teknologi tersebut dengan penyedia jasa internet nasional (Speedy) dari telkom, yang aksesnya dapat digunakan 24 jam.
Kehadiran teknologi ini tentunya membawa dampak yang sangat besar. MAN Tambakberas sebagai instansi pendidikan yang berada dalam naungan Pondok Pesantren Bahrul ‘Ulum Tambakberas Jombang memiliki sosio kultural yang eksklusif memberi tantangan tersendiri bagi segenap pengelola (tim administrator network) untuk dapat memberikan pelayanan internet secara aman, nyaman dan bermanfaat.
Walaupun masih dalam tahap pengenalan dan belum secara resmi dibuka pelayanannya, respon positif telah tampak dengan semakin tingginya motivasi Bapak/Ibu guru/Siswa didik dalam menjaring informasi.
Dengan layanan ini pula telah dicoba untuk membuat suatu ruang digital yang berisi modul-modul bahan ajar secara lengkap, yang pada masa sebelumnya masih terpecah dalam beberapa unit PC.
3. Pengembangan Sumber Daya Manusia
Persiapan SDM telah menjadi perhatian pokok manajeman pendidikan MAN Tambakberas. Berbagai pelatihan dan pengembangan wawasan TI yang telah dilakukan antara lain :
1 Pelatihan Microsoft word dan Excel tingkat lanjut Staf/Karyawan/Guru mampu menyelesaiakan pekerjaan lebih cepat
2 Microsoft Power Point Tingkat Lanjut Guru Mampu membuat modul pembelajaran lebih interaktif
3 Pengenalan Jaringan LAN tingkat dasar Staf / Guru Mampu menggunakan sumber daya jaringan LAN sekolah
4. Pengenalan Internet tingkat dasar Guru/Staf Mampu mencari informasi secara cepat, membuat e-mail dan blog.
5. Kursus Jaringan tingkat lanjut Staf Administrator Jaringan Mampu mengelola jaringan LAN MAN lebih efektif.
6. Pelatihan pengembangan keguruan TIK Guru TIK Mampu memberikan pengajaran lebih interaktif, kreatif, dan inovatif kepada siswa didik

4. Paket Aplikasi Sekolah
Pengelolaan administrasi akademis yang baik dan terintegrasi akan menghasilkan laporan-laporan yang accountable. Paket Aplikasi Sekolah yang diluncurkan Dikmenum Departemen Pendidikan Nasional sengaja kami gunakan sebagai basis pengelolaan data. Aplikasi tersebut telah terpasang pada unit server MAN dan dapat diakses oleh jajaran tingkat manejerial maupun staf. Kemudahan operasional, kelengkapan fasilitas dan koneksitas dengan jaringan menjadi pertimbangan yang kami pilih.

Contoh tampak muka Aplikasi PAS Siswa

Contoh tampak muka Aplikasi PAS Tenaga Administrasi
5. Evaluasi Hasil Belajar Siswa Didik
Sistem pelaporan hasil belajar siswa telah dikelola dengan sangat baik. Kecepatan, keakuratan dan sistem pelaporan yang dikehendaki pihak manajemen telah dapat dipenuhi. Jumlah siswa yang sangat besar dengan jumlah item mata pelajaran yang demikian banyak tentunya membutuhkan penanganan yang lebih.
Dalam proses koreksi hasil evaluasi belajar siswa, MAN telah menggunakan teknologi scaning dan skoring secara elektronik. Media yang kami gunakan adalah beberapa unit Scaner Type CANON DR2050, ditunjang oleh aplikasi Pegasus Imaging™ . Desain proses koreksi dapat kami tampilkan sebagai berikut :

Contoh tampilan tampak muka Pegasus Imaging™

Desain proses koreksi evaluasi belajar siswa
:L --> :d --> :z --> ;) -->

0 komentar:

Poskan Komentar

 

Kunjungan


Aktifitas

Uzy Ibni Muhammad Copyright © 2009 WoodMag is Designed by Ipietoon for Free Blogger Template